Pendidikan & Kesehatan

PPDB SMA di Gresik Dibuka secara Online

Gresik (beritajatim.com) – Penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2021 SMA di Kabupaten Gresik sudah dibuka secara online. Untuk teknis pendaftarannya, calon pendaftar sudah bisa mengambil pin secara online di website ppdbjatim.net.

Kendati secara online, masing-masing satuan pendidikan tingkat SMA juga menyediakan fasilitas untuk siswa yang masih kebingungan. Hal ini karena berdasarkan pengalaman tahun lalu, sekolah juga masih didatangi siswa. Meski pendaftaran PPDB sudah bisa melalui online.

Jaenuri (45) salah seorang guru SMAN 1 Gresik menuturkan, pelayanan bagi siswa yang membutuhkan informasi akan dilayani mulai pukul 08:00. Namun, pihaknya menyarankan untuk memahami prosedur di website yang sudah tersedia.

“Semuanya lengkap disana, karena masih pandemi Covid-19, sebaiknya ikuti prosedur yang ada karena sudah jelas,” tuturnya, Senin (19/04/2021).

Perlu diketahui, mulai hari ini para siswa sudah bisa mengambil pin pendaftaran PPDB. Yakni untuk jalur afirmasi, perpindahan orang tua, dan jalur prestasi. Tahapan pertama ini akan dilakukan hingga 1 Mei mendatang. Kemudian siswa akan mendaftar pada 3-4 Mei yang akan diumumkan diterima atau tidak pada 7 Mei 2021.

Pendaftarannya pun cukup mudah, siswa hanya perlu login ke situs ppdbjatim.net dengan nomor pokok sekolah nasional (NPSN), NISN, dan tanggal lahir. Kemudian, mengisi data dan mengunggah kartu keluarga dan surat keterangan domisili. Setelah itu menentukan titik lokasi rumah dan tinggal menunggu 2-3 hari untuk verifikasi. Setelah diverifikasi oleh sekolah, maka siswa bisa menggunduh PIN itu.

Untuk pagu masing-masing jalur yakni afirmasi 15 persen, perpindahan 5 persen, prestasi 5 persen, prestasi akademik 25 persen, zonasi SMK 10 persen, Zonasi SMA 50 persen, dan prestasi akademik SMK 65 persen.

Setelah tiga jalur ini selesai, nanti akan dilanjutkan jalur zonasi dan prestasi. Yakni 20 Mei prestasi, 24 Mei zonasi SMK, 27 Mei zonasi SMA, dan 31 Mei prestasi SMK. [dny/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar