Pendidikan & Kesehatan

PPDB SDN dan SMPN di Ponorogo Via Online

Kabid Pembinaan SD Dindik Imam Muslihin.(dok.beritajatim.com)

Ponorogo (beritajatim.com) – Dinas Pendidikan (Dindik) Ponorogo, mulai tahun ajaran 2020/2021 mewacanakan seluruh penerimaan, baik SD hingga SMP dilaksanakan secara online. Penerimaan peserta didik baru (PPDB) via online ini bertujuan untuk lebih mendongkrak pemenuhan pagu di masing-masing sekolah, terutama untuk SD.

“Dengan PPDB online pelaporannya bisa dengan cepat diketahui,” kata Kabid Pembinaan SD Dindik Imam Muslihin, Jumat (13/3/2020).

Data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), jumlah SDN di bumi reyog mencapai 570 lembaga. Dengan sistem online, untuk SD bisa diketahui keterpenuhan pagunya. Sebab, selama ini ditingkat SD yang menolak siswa karena pagunya penuh itu hanya beberapa lembaga saja.

“Sebagian besar malah banyak yang kekurangan pagunya,” katanya.

Imam tunjuk contoh hasil PPDB tahun ajaran 2019/2020 lalu. Di awal tahun ajaran itu, pemenuhan pagu SDN tertinggi dicatatkan oleh Kecamatan Siman. Itupun hanya 54 persen dari total pagu rombongan belajar (rombel) di setiap sekolah. Imam menyebut jika sistem zonasi di PPDB SDN akan lebih fleksibel. Akan ada klasifikasi dekat, sedang, hingga jauh. Imam menyebut jika draf sistem PPDB ini sudah disusun oleh Dindik.

“Saat ini, sedang dalam tahap penyusunan rancangan peraturan bupati (perbup), yang kelak akan jadi acuan pelaksanaan PPDB SDN dan SMPN di Ponorogo,” pungkasnya. [end/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar