Pendidikan & Kesehatan

PPDB Jenjang SMA Terima 27.440 Peserta Baru

Surabaya (beritajatim.com) – Sebanyak 27.440 peserta didik baru diterima dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021 Jatim tahap dua dengan prestasi nilai akademik jenjang SMA telah diumumkan 23 Mei lalu secara online. Dari 69.173 pendaftar, tercatat sebanyak 27.440 peserta didik baru dinyatakan diterima pada jalur ini. Namun, jumlah tersebut masih belum memenuhi kuota 25 persen atau sekitar 29.804 kursi dari PPDB Jatim. Sehingga sebanyak 2.360 kursi akan dialihkan pada PPDB jalur zonasi SMA yang akan dimulai pada 27 Mei mendatang.

“Adanya selisih ini karena terdapat sekolah-sekolah yang menjadi jujukan calon peserta didik dan sekolah-sekolah yang kurang peminat mendaftar. Ini yang menjadi selisih. Nah sekolah yang kekurangan minat pendaftar ini yang akan kita alihkan ke zonasi SMA,” jelas Kepala TIKP Dindik Jatim, Alfian Majdi.

Sedangkan bagi peserta didik yang diterima, mereka cukup mengunduh bukti oenerimaan yang ada di portal ppdbjatim.net. Dalam keterangannya di website PPDB tersebut, siswa yang dinyatakan diterima dapat mengunduh Surat Keterangan Lulus (SKL) atau ijazah mulai tabggal 14 Mei hingga 19 Juni 2021.

Sementara untuk tanggal 21 sampai 30 Juni siswa yang dinyatakan diterima bisa datang kesekolah dengan membawa bukti pendaftaran atau penerimaan, SKL, KK dan dokumen penunjang lainnya.

“Jadi banyak siswa yang belum faham soal konfirmasi penerimaan ini. Padahal mereka cukup unduh bukti penerimaan. Yang mana bukti itu akan dilampirkan pada waktu daftar ulang kesekolah tujuan,” pungkasnya. [adg/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar