Pendidikan & Kesehatan

PPDB, Empat SMPN di Magetan Dapat Perlakuan Khusus

Magetan (beritajatim.com) – Empat SMPN mendapat perlakuan khusus pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2021/2022. Karena memiliki label unggulan, keempat sekolah unggulan tersebut memiliki kuota hingga 50%. Warga yang ingin mendaftar terancam karena dibatasi 35%.

“Jalur prestasi untuk SMPN unggulan lebih besar,” kata Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Magetan Suwata kepada beritajatim.com, Selasa (29/6/2021).

Keempat SMPN unggulan itu yaitu SMPN 1 Magetan, SMPN 4 Magetan, SMPN 1 Kawedanan, dan SMPN 1 Maospati. Label unggulan itu tertulis di Perbup 25/2021 tentang PPDB. Keempat sekolah itu mendapat perlakuan khusus dengan alasan untuk pembinaan siswa berprestasi. “Bagi yang tidak bisa masuk lewat jalur prestasi masih bisa mencoba lewat jalur zonasi,” ucapnya.

Sedangkan sekolah yang buka unggulan mendapat jatah zonasi 50% dan jalur prestasi 30 persen. Dia mengakui kebijakan itu bertentangan dengan Permendikbud 1/2021 tentang PPDB yang mensyaratkan sekolah untuk membuka jalur zonasi sebanyak 50 persen dam tidak ada unggulan atau favorit tertulis di permendikbud tersebut. “Tetapi ini demi pemerataam jumlah siswa dan pembinaan siswa berprestasi,” dalihnya. Jalur zonasi sendiri dibuka mulai tanggal Kamis 24 Juni hingga ditutup pada 29 Juni 2021.(asg/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar