Pendidikan & Kesehatan

PPDB Akan Dimulai pada 8 Juni, Begini Teknisnya

Surabaya (beritajatim.com) – Di tengah pandemi Covid-19, Penerimaan Pesera Didik Baru (PPDB) tetap berjalan sebagaimana mestinya. PPDB pun akan dibuka pendaftarannya dimulai 8 Juni mendatang. Hali ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadindik) Jatim, Wahid Wahyudi, Kamis (23/4/2020).

Wahid pun melakukan sosialisasi PPDB kepada 24 kepala cabang dinas wilayah melalui video conference. Sosialisasi berisi himbauan dan teknis pelaksaan PPDB di tahun 2020.

PPDB tahun ini pun berbeda dengan tahun 2019. Perbedaan PPDB tahun ini terletak pada kuota di setiap jalur. Di mana untuk jalur zonasi kuotanya yang disediakan minimal 50 persen dari kapasitas sekolah. Untuk jalur ini, siswa berhak memilih tiga sekolah, baik dalam zona ataupun luar zona. “Mereka boleh memilih tiga sekolah pilihan. Boleh di dalam zona semua atau boleh dua sekolah dalam zona, satu luar zona,” ungkap Wahid.

Selanjutnya, jalur afirmasi yang menyediakan kuota sebesar 15 persen. Termasuk bagi calon siswa yang berada di wilayah perbatasan dengan kondisi keluarga tidak mampu. Dengan syarat dibuktikan dari keikutsertaan mereka dalam program pemerintah seperti KIS (kartu Indonesia sehat) atau KIP (kartu Indonesia pintar).

“Akan tetapi juga bisa menggunakan surat keterangan keluarga kurang mampu dari RT/RW dan kelurahan. Survey akan dilakukan setelah berkas diterima pihak sekolah,” jelasnya.

Ketiga yakni, jalur mutasi dengan kuota maksimal 5 persen. Untuk jalur ini, calon peserta didik harus melampirkan KK dan surat domisili minimal satu tahun sebelum tanggal 8 Juni. Terakhir yakni jalur prestasi yang dibedakan menjadi dua. Yaitu prestasi non-akademik dengan kuota 5 persen. Dan prestasi akademik yang diambil dari rerata nilai rapor selama 5 semester. “Ditambah nilai rerata ujian nasional sekolah pada tahun 2019 kuota sebesar 25 persen,” ujarnya.

Terkait pelaksanaannya, Wahid menyebut ada tiga tahap yang bisa diikuti peserta didik. Tahap awal bersifat online tentatif untuk jalur afirmasi, mutasi dan jalur prestasi hasil perlombaan atau kejuaraan. Kemudian ada tahap II untuk jalur zonasi dengan sistem pendaftaran online dan tahap terakhir jalur prestasi akademik gabungan rerata nilai rapor dan rerata nilai ujian nasional sekolah tahun 2019 serta jalur reguler untuk pendaftaran jenjang SMK.

“Untuk pendaftarannya mereka bisa login ke ppdbjatim.net untuk mengisidata diri seperti verifikasi nilai rapot lima semester, mengisi sara dan mengunggah kartu keluarga, dan surta domisili. Selain itu juga mengunggah ijazah. Setelah pengisiam berkas dilakukan siswa akan mengunduh PIN beserta informasi nilai akhir sekolah dan rekomendasi lima sekolah terdekat,” tandasnya. [kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar