Pendidikan & Kesehatan

PPDB 2021 di Jombang Gunakan Empat Jalur

Jombang (beritajatim.com) – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Agus Purnomo mengatakan bahwa tahapan PPDB (Pendaftaran Peserta Didik Baru) 2021 tingkat SMP Negeri dimulai pada 2 Mei mendatang.

Pendaftaran tersebut dibuka dengan empat jalur. Masing-masing jalur zonasi, afirmasi, perpindahan tugas orang tua/wali, serta jalur pretasi. Masing-masing jalur juga memiliki aturan sendiri-sendiri.

“Jalur zonasi adalah jalur pendaftaran PPDB yang memberi kesempatan kepada calon peserta didik baru dengan kuota 50% (lima puluh persen) dari daya tampung sekolah yang ditetapkan. Calon peserta didik yang mendaftar melalui jalur zonasi merupakan calon peserta didik yang berdomisili di dalam wilayah zonasi yang ditetapkan,” kata Agus, Senin (19/4/2021).

“Domisili calon peserta didik berdasarkan alamat pada Kartu Keluarga (KK) yang diterbitkan paling singkat 1 (satu) tahun sejak tanggal pendaftaran PPDB,” lanjutnya.

Sedangkan jalur afirmasi, menurut Agus, adalah jalur pendaftaran PPDB yang memberi kesempatan kepada calon peserta didik baru dari keluarga tidak mampu dengan kuota 15% (lima belas persen) dari daya tampung sekolah yang ditetapkan. Termasuk kuota bagi calon peserta didik penyandang disabilitas pada sekolah yang menyelenggarakan layanan inklusif.

Selanjutnya, jalur perpindahan tugas orang tua/wali. Ini adalah jalur pendaftaran PPDB yang memberi kesempatan kepada calon peserta didik baru dengan kuota 5% (lima persen) dari daya tampung sekolah yang ditetapkan. Apabila terdapat sisa kuota pada jalur perpindahan tugas maka dapat diisi oleh calon peserta didik yang orangtua/walinya mengajar di SMP tujuan.

“Terakhir adalah jalur prestasi. Jalur ini merupakan pendaftaran PPDB yang memberi kesempatan kepada calon peserta didik baru dengan kuota 30% (tiga puluh persen) dari daya tampung sekolah yang ditetapkan,” kata Agus.

Agus mengungkapkan, calon peserta didik yang mendaftar pada jalur prestasi adalah calon peserta didik yang berasal dari SD/sederajat di Kabupaten Jombang serta berdomisili di Kabupaten Jombang.

“Calon peserta didik yang mendaftar melalui jalur prestasi mempertimbangkan salah satu, dari:
nilai rata-rata rapor aspek pengetahuan semester 7 sampai dengan semester 11; atau nilai prestasi (hasil perlombaan dan/atau penghargaan di bidang akademik dan/atau non akademik),” ujarnya.

Semenatara itu, calon peserta didik yang mendaftar melalui jalur perpindahan tugas orang tua/wali, dibuktikan dengan surat pindah tugas dari instansi, lembaga, kantor, atau perusahaan yang mempekerjakan.

“Surat pindah tugas sebagaimana dimaksud, harus menerangkan tempat tugas lama dan tempat tugas baru. Bukti surat pindah tugas, khusus untuk anak guru adalah SK Mengajar dari Kepala Sekolah,” kata mantan Kepala Bagian Hukum Setdakab Jombang ini.

Diketahui sebelumnya, tahapan PPDB 2021 jenjang SMP di Jombang yang dimulai 2 Mei 2021, dibagi menjadi 2 periode. Rinciannya, periode pendataan yang dimulai 2 Mei sampai dengan 12 Juni 2021. Kemudian periode seleksi yang akan dilaksanakan 24 Juni sampai dengan 28 Juni 2021. Kemudian, 13 Juni sampai dengan tanggal 23 Juni akan dilaksanakan simulasi aplikasi PPDB periode seleksi. [suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar