Pendidikan & Kesehatan

Positif Covid-19 di Tuban Jadi 9 Orang: 2 Meninggal, 1 Sembuh

Tuban (beritajatim.com) – Jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 atau virus corona di Kabupaten Tuban bertambah 5 orang. Dengan begitu, jumlah total pasien positif menjadi 9 orang. Itu setelah hasil tes Swab beberapa Pasien Dalam Perawatan (PDP) maupun OTG sudah keluar hari ini, Jumat (8/5/2020).

Penambahan jumlah pasien positif tersebut satu orang dari klaster pasar Bojonegoro. Namun pasien tersebut merupakan warga Tuban. Sehari-hari dia pedagang di pasar Bojonegoro. Sedangkan dua lainya merupakan klaster dari Pondok Pesantren Al Fatah Temboro, Magetan, Jawa Timur.

Sebelumnya, jumlah pasien yang dinyatakan positif Covid-19 di Kabupaten Tuban sebanyak 4 orang dari 4 kecamatan. Namun, untuk hari ini sudah ada tambahan 5 orang yang dinyatakan positif Covid-19.

“Dari hasil Tes Swab yang dikeluarkan oleh Balitbangkes Kementerian Kesehatan, terdapat penambahan kasus confirm positif covid-19 di Kabupaten Tuban. Ada lima orang yang hasilnya positif covid-19,” jelas Endah Nurul Komariyati, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban.

Endah menjelaskan, dari tambahan lima kasus positif baru itu, satu diantaranya merupakan soerang pasien yang sudah meninggal dunia setelah menjalani perawatan dan isolasi di rumah sakit. Pasien tersebut adalah perempuan 57 tahun asal Kecamatan Parengan. “Sebelumnya almarhumah berstatus PDP, meninggal pada 30 April 2020. Almarhumah termasuk klaster Pasar Bojonegoro,” tambahnya.

Selanjutnya penambahan dua orang pasien lainnya yang terkonfirmasi positif adalah dari klaster Temboro Magetan. Yaitu laki-laki berusia 15 Tahun asal Kecamatan Parengan dan 19 Tahun asal Kecamatan Montong. Sebelumnya dalam klaster yang sama juga telah ada yang dinyatakan terkonfirmasi positif pada 29 April 2020.

Sedangkan untuk tambahan dua yang terakhir adalah seorang perempuan 44 tahun dan laki-laki 48 tahun asal Kecamatan Tuban. Dari hasil pelacakan yang dilakukan, mereka berdua memiliki kontak erat dengan PDP perempuan asal Kecamatan Tuban yang meninggal pada 24 April 2020.

“Untuk PDP yang meninggal dunia ini belum sempat dilaksanakan Swab, tetapi hasil rapid tes positif. Adapun kesemua pasien positif Covid-19 yang baru ini sudah dirawat dan diisolasi di RSNU Tuban,” paparnya.

Sementara itu, sampai dengan hari ini jumlah pasien yang dinyatakan positif Covid-19 di Tuban itu totalnya 9 orang dengan rincian 2 orang meninggal, 1 orang sembuh dan 6 masih dalam perawatan. Para pasien ini berasal dari Kecamatan Tuban, Semanding, Palang, Parengan, Montong dan yang sembuh berasal dari Kecamatan Jatirogo. [mut/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar