Pendidikan & Kesehatan

Ponpes Kyai Syarifuddin Ngaji Kitab Online di Ramadhan Kali ini

Lumajang (beritajatim.com) – Pondok Pesantren (Ponpes) Kyai Syarifuddin, Desa Wonorejo Kecamatan Kedungjajang mengadakan ngaji kitab secara online melalui fans page Facebooknya selama bulan Ramadhan. Kegiatan ini adalah rutinan dilakukan dengan tatap muka di tahun-tahun sebelumnya.

“Jika dulu ngajinya di masjid, kini online,” kata Pengasuh Ponpes Dalem Utara dan Timur, KH. Mohammad Darwis pada beritajatim.com, Jum’at(24/4/2020).

Masih kata dia, ngaji kitab oleh para pengasuh seperti KH. Sulakah dan KH. Adnan Syarif terhadap santri dan alumni. Namun, ditengah pandemi covid-19 dilakukan melakui daring. “Ini permintaan santri dan kami memenuhi,” paparnya.

Jadwal Ngaji Kitab khas Nahdlatul Ulama akan dimulai usai sholat subuh dan menjelang buka puasa. Selain para pengasuh Ponpes, juga akan diisi oleh para ustad terpilih. “Kitab Adabul Alim Mu’taalim, Ihya’ Ulumuddin, Kitab Kuning dan lainya,” jelasnya.

Salah satu alumni santri Ponpes Kyai Syarifuddin, Rahman mengaku senang bisa mengikut ngaji sama kyai dan ustadnya. Sehingga bulan puasa bisa menambah ilmu pengetahuan tentang agama yang dulu diterima saat mondok. “Senang sekali, kemudahan teknologi akan membantu kami alumni juga,” paparnya. (har/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar