Pendidikan & Kesehatan

Ponpes di Ponorogo Terapkan Protokol Kesehatan untuk Sambut Santri

Ponorogo (beritajatim.com) – Beberapa pondok pesantren di bumi reyog mulai melakukan persiapan dalam menyambut santri-santrinya akan kembali ke pondok. Penyambutannya pun berbeda dengan biasanya, yakni dengan menerapkan protokol kesehatan penanggulangan Covid-19.

Sebab santri-santri ini tentunya dari berbagai wilayah di Indonesia yang saat ini sedang dalam pandemi Covid-19. Selain itu juga menjelang penerapan new normal yang akan dicanangkan oleh Pemerintah. Salah satu pondok yang sedang mempersiapkan itu adalah Pondok Pesantren Wali Songo (PPWS) Ngabar.

“Kami sudah menerapkan protokol kesehatan penanggulangan Covid-19 dalam aktivitas sehari-hari di lingkungan pondok,” kata salah satu pemimpin PPWS Ngabar KH Muhammad Ikhsan, Selasa (9/6/2020).

Maka dari itu, pihak ponpes sudah mempersiapkan sarana dan prasaranya dalam mendukung protokol kesehatan penanggulangan Covid-19 di pondok. Salah satunya dengan pembangunan tempat cuci tangan. Santri melakukan aktivitas dengan memakai masker, sering mencuci tangan dan menjaga jarak antara satu satri dengan santri lainnya. Selain itu juga berkoordinasi dengan tim satgas penanggulangan Covid-19 di Pemda setempat.

“Protokol kesehatan penanggulangan Covid-19 ini sudah kami terapkan kepada 300 santri lama yang ada disini. Jadi nantinyabjika santri baru masuk sudah mengikuti sistem ini dan wajib ditaati,” katanya.

Sementara itu wakil ketua DPRD Ponorogo Dwi Agus Prayitno yang meninjau ke PPWS Ngabar, mengapresiasi pihak pondok yang sudah siap dalam menyambut santri dengan menerapkan protokol kesehatan. Dia tidak ingin kejadian adanya banyak santri yang terjangkit Covid-19 di Pondok Temboro Magetan juga terjadi di pondok yang ada di bumi reyog.

“Kita harus perhatikan kesiapan ponpes dalam menerapkan protokol kesehatan di lingkungan pondoknya. Apalagi ini akan ada penerimaan santri baru. Jangan sampai apa yang terjadi di pondok Temboro Magetan, juga terjadi di Ponorogo,” pungkasnya. (end/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar