Pendidikan & Kesehatan

Ponorogo Cetak Rekor Kematian Covid-19, 10 Jenazah Sehari

Petugas BPBD Ponorogo melakukan pemakaman pasien Covid-19. (Foto/Endra Dwiono).

Ponorogo (beritajatim.com) – Bulan April ini, berbagai rekor ditorehkan Kabupaten Ponorogo terkait kasus meninggal karena Covid-19. Belum genap sebulan, BPBD Ponorogo sudah memakamkan 119 jenazah terkait Covid-19. Angka itu menjadi yang tertinggi kematian Covid-19 dalam periode satu bulan.

“Bulan April ini belum habis, namun kami sudah memakamkan 119 jenazah terkait Covid-19 sesuai dengan protokol kesehatan (protkes), ” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo Setyo Budiono, Kamis (29/4/2021).

Selain rekor tertinggi kematian dalam sebulan, bulan April ini juga memecahkan rekor di tingkat harian. Belum lama ini, tepatnya hari Rabu (28/4) kemarin, dalam sehari BPBD Ponorogo memakamkan 10 jenazah pasien Covid-19.

Petugas BPBD Ponorogo melakukan pemakaman pasien Covid-19. (Foto/Endra Dwiono).

Pemakaman 10 jenazah dalam sehari itu menjadi angka tertinggi selama Ponorogo ditetapkan pandemi Covid-19. Bahkan sebelumnya, pada tanggal 1 April, pihaknya memakamkan 8 jenazah, lalu pada tanggal 5 April, petugas BPBD memakamkan 9 jenazah Covid-19.

“Kemarin hari Rabu (28/4) itu, kami memakamkan 10 jenazah Covid-19. Itu menjadi yang terbanyak dalam sehari sejak masa pandemi,” katanya.

Ke depan, Budi berharap tidak ada kenaikan lagi kasus kematian Covid-19 dalam sehari. Dia menyebut jika BPBD Ponorogo dalam mengurusi pemulasaraan jenazah Covid-19 itu hanya 3 tim. Dalam satu tim hanya ada 7 orang. Bisa dibayangkan, jika dalam sehari harus memakamkan 10 jenazah Covid-19 akan kualahan karena personelnya yang terbatas.

Apalagi, setiap pemakaman, estimasi waktu yang dibutuhkan juga berbeda-beda, tergantung jarak jauh atau tidaknya. Selain itu juga tergantung kondisi geografis tanah makamnya.

“Ini sangat memprihatinkan, masih adanya jenazah Covid-19, apalagi setiap hari angkanya bertambah,” pungkas Budi sembari meyakinkan dirinya bahwa pandemi Covid-19 pasti akan berakhir. (end/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar