Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Ponorogo Alami Kekosongan Jabatan Kepala Sekolah

Dindik Ponorogo Nurhadi Hanuri (foto: Endra Dwiono/beritajatim.com)

Ponorogo (beritajatim.com) – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo, Nurhadi, mengungkapkan saat ini terjadi kekosongan jabatan kepala sekolah. Dia tidak dapat menyebutkan angka pasti namun memprediksi jumlah kekosongan tersebut berada di kisaran antara 200-an sekolah.

“Ada sekitar 200-an sekolah, baik itu tingkat TK, SD dan SMP, yang terjadi kekosongan di jabatan kepala sekolah,” ungkap Nurhadi, Senin (16/5/2022).

Ratusan jabatan kepala sekolah tersebut saat ini diisi pelaksana tugas. Sementara kekosongan terjadi di tingkatan mulai TK, SD, dan SMP.

Paling banyak yang kosong, kata Nurhadi ada di tingkat SD yang mencapai 75 persen dari jumlah sekolah yang kosong tersebut. Kemudian disusul di tingkat SMP ada puluhan sekolah yang kosong. Serta tingkat TK yang kekosongan jabatan kepala sekolahnya bisa dihitung dengan jari.

“Tingkat SD yang paling banyak, ada 75 persen perkiraan dari jumlah sekolah yang kosong kepala sekolahnya,” katanya.

Untuk menutupi kekosongan itu, Dindik Ponorogo bakal melakukan percepatan dalam pengisian kepala sekolah yang saat ini dijabat oleh Plt tersebut. Sebab, jika seseorang terlalu lama menjabat Plt, juga akan merugikan sekolahnya sendiri.

Karena kurangnya perhatian, sehingga menyebabkan pelayanan pendidikan yang kurang efektif dan efisien.

“Dibutuhkan pemimpin yang definitif yang mampu untuk mengkomunikasikan aktivitas pembelajaran di suatu sekolah dengan baik,” katanya.

Dindik Ponorogo menarget, paling cepat akhirnya bulan Mei atau hingga awal Juni, kekosongan kepala sekolah itu akan dipenuhi dengan kepala sekolah baru yang akan dilantik oleh Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko nantinya.

Rata-rata umur bagi kepala sekolah yang akan dilantik ini, kata Nurhadi cukup muda. Yakni dikisaran umur 40-tahun.

“Dengan umur segitu, tentu masih sangat berpotensi untuk menjabat sekolah lagi diperiode berikutnya,” pungkasnya. (end/beq)


Apa Reaksi Anda?

Komentar