Pendidikan & Kesehatan

Poltekbang Surabaya Wisuda 252 Taruna

Surabaya (beritajatim.com) – Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Surabaya berhasil meluluskan sebanyak 252 taruna dan taruni yang telah menempuh pendidikan diploma III (D3) dari tujuh prodi di Poltekbang.

Tujuh prodi yaitu Teknik Listrik Bandara (TLB), Teknik Pesawat Udara (TPU), Komunikasi Penerbangan (KP), Manajemen Transportasi Udara (MTU), Teknik Bangunan Landasan (TBL), Teknik Navigasi Udara (TNU) dan Lalu Lintas Udara (LLU).

Direktur Poltekbang Surabaya Achmad Setiyo Prabowo mengaku bangga atas keberhasilan institusinya dalam mendidik hingga meluluskan sebanyak 252 taruna yang siap memasuki dunia kerja di bidang penerbangan.

“Wisuda kali ini kami telah meluluskan 252 taruna. Acara dimulai dengan yudisium pembacaan surat keputusan semua program studi rekrutmen 2016 dinyatakan lulus, kemudian dirangkaikan dengan prosesi wisuda,” ujarnya usai acara Yudisium dan Wisuda Poltekbang Surabaya di Kampus Poltekbang Surabaya, Jalan Jemur Andayani I/73 Surabaya.

Acara dilanjutkan passing of parade, pelepasan alumni ke dunia kerja melalui prosesi yang menandakan cinta terhadap tanah air dan bangsa, dilambangkan dalam bentuk mencium bendera merah putih dihadapan para tamu undangan.

Achmad Setiyo menambahkan dalam wisuda kali ini juga dilakukan penyerahan lulusan Poltekbang Surabaya yang langsung diterima kerja di dua perusahaan penerbangan di Batam. Sebanyak 73 alumni diserahkan kepada Batam Aero Teknik – Lion Group dan 16 alumni diserahkan kepada Badan Usaha Bandar Udara Hang Nadim Batam.

“Rejeki juga ini buat alumni kita (Poltekbang Surabaya), beberapa dari lulusan kali ini langsung diterima kerja di Batam Aero Teknik dan BUBU (Badan Usaha Bandara Udara) Hang Nadim Batam ditandai dengan penandatanganan penyerahan kepada mereka,” katanya.

Pihaknya juga berpesan agar alumni Poltekbang terus menjaga nama baik almamater dan tulus mengabdi kepada NKRI.

Sementara, Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Heri Sudarmaji yang hadir dalam acara ini menegaskan bahwa lulusan sekolah-sekolah perhubungan di bawah naungan Kemenhub bisa langsung terserap di dunia kerja. Ada sejumlah stakeholder maupun airlines sudah melakukan MoU dengan Poktekbang Surabaya, ini tandanya lulusan sekolah ini laku di dunia kerja khusus ya bidang transportasi penerbangan.

“Sekolah-sekolah kita ini sekolah vokasi yang tentu juga menyesuaikan perkembangan agar sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Penyerapan lulusan kita secara nasional di angka 90 persen di bidang transportasi,” imbuh Heri.

Yudisium dan Wisuda Poltekbang Surabaya tahun ini mengangkat tema ‘Peran Pendidikan Vokasi Dalam Rangka Menyiapkan SDM Unggul Sektor Transportasi’. Selain taruna taruni, para pejabat dan tamu undangan, juga dihadiri seluruh orang tua taruna taruni yang bisa menyaksikan secara langsung rangkaian prosesi wisuda. [ifw/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar