Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Poltekbang Surabaya Gelar Tes Kesamaptaan Sipencatar 2021

Surabaya (beritajatim.com) – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggelar rangkaian Seleksi Penerimaan Calon Taruna/Taruni (Sipencatar) Tahun 2021. Usai tes SKD, tes kesehatan, kini dilanjutkan tes kesamaptaan bagi para calon taruna/taruni jalur Reguler Pola Pembibitan (Polbit) yang telah mendaftar di sejumlah perguruan tinggi UPT lingkungan Kemenhub, dengan prokes yang sangat ketat.

Salah satu tempat tes digelar di Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Surabaya. Tes kesamaptaan hari pertama ini, Sabtu (14/08/2021) diikuti oleh para peserta tes yang telah mengikuti tes kesehatan di Poltekbang Surabaya kemarin. Dari total sebanyak 1.385 peserta dibagi menjadi beberapa hari, sehingga sehari kuota peserta dibatasi maksimal 200 orang.

Direktur Poltekbang Surabaya M Andra Aditiyawarman mengatakan tes kesehatan dan tes kesampataan dalam rangka Sipencatar Tahun 2021 digelar hampir secara bersamaan, karena hanya selang satu hari.

“Peserta ini kan dapat nomor urut. Untuk hari pertama yang terdaftar mengikuti tes kesehatan kemarin (Jumat) ada 155 orang. Namun 43 orang tidak masuk tanpa izin, sedangkan 2 orang lainnya hasil swab ternyata positif. Untuk yang hasil swab positif kami berikan waktu susulan nanti, setelah isolasi mandiri selesai dan hasil swab negatif. Kemudian bagi peserta kemarin yang telah mengikuti tes kesehatan, hari ini (Sabtu) langsung melanjutkan tes kesamaptaan,” ujar Andra ditemui di Kampus Poltekbang Surabaya.

Dalam tes kesamaptaan ini, para peserta diuji dalam hal fisik. Dibagi menjadi dua bagian, yaitu tes kesamaptaan A dan tes kesamaptaan B. Tes kesamaptaan A adalah lari dengan waktu 12 menit. Sedangkan tes kesamaptaan B adalah shuttle run 3 kali putaran, push up 1 menit dan shit up 1 menit.

Ratusan peserta yang datang tadi tampak semangat dan siap menjalani tes. Mereka telah datang ke Kampus Poltekbang Surabaya sejak pukul 05.00 WIB dan langsung melakukan persiapan. Seperti pemeriksaan berkas (kartu peserta dan kartu identitas), pemberian nomor urut dan pemeriksaan tensi darah. Sekitar pukul 06.00 WIB para penguji yang merupakan anggota TNI AU Lanud Muljono Surabaya mulai menguji para peserta di Lapangan Perwira Dirgantara (Kompleks Kampus Poltekbang Surabaya).

“Alhamdulillah hari ini tes kesamaptaan berjalan lancar dan para peserta dengan baik mengikuti setiap step yang ada. Untuk hasil tes ini tidak langsung bisa diketahui, karena nilainya akan diakumulasikan dengan tes kesehatan. Kami memakai sistem kuota, sehingga nanti yang dinyatakan lolos sesuai urutan rangking para peserta,” imbuh Andra.

Pelaksanaan tes kesehatan dan tes kesamaptaan ini digelar pada 13-21 Agustus 2021 (kecuali hari libur dan tanggal merah). Setelah kedua tes tersebut para peserta yang dinyatakan lolos bisa mengikuti rangkaian tes berikutnya, yakni tes wawancara dan psikotes yang akan digelar secara online. Pengumuman resminya akan ditayangkan di website https://sipencatar.dephub.go.id.

Dari total lebih 19.000 peserta yang telah dinyatakan lolos tes SKD, nantinya hanya akan diambil sebanyak 3.210 orang sesuai kuota yang diberikan panitia pusat di seluruh perguruan tinggi UPT lingkungan Kemenhub (darat, laut, udara, kereta). Khusus untuk matra udara, calon taruna/taruni yang akan diterima hanya sebanyak 744 orang untuk 6 kampus. Meliputi Poktekbang Medan, Poltekbang Palembang, PPI Curug, Poltekbang Surabaya, Poltekbang Makassar dan Poltekbang Jayapura. [adg/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar