Pendidikan & Kesehatan

Polresta Malang Kota Bikin Aplikasi Pantau Pergerakan PDP

Kapolresta Malang Kota Kombespol Leonardus Simarmata saat donor darah.

Malang(beritajatim.com) – Polresta Malang Kota menyiapkan sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk memantau pasien dalam pengawasan (PDP) virus corona Covid-19 yang menjalani isolasi secara mandiri maupun di rumah sakit. Saat ini ada 140 orang berstatus PDP di Kota Malang.

Kapolresta Malang Kota Komisaris Besar Polisi Leonardus Simarmata mengatakan, dengan aplikasi ini pergerakan PDP bisa terpantau selama 24 jam. Sesuai anjuran isolasi maka bagi PDP yang membandel bakal terpantau pergerakannya di aplikasi. Tugas polisi mengingatkan agar PDP tidak keluar rumah atau tetap menjalankan isolasi.

“Seluruh pasien PDP kita akan datangi. Mulai alamat, nomor telepon dan identitas kita akan masukkan dalam aplikasi ini. Sehingga, kalau pasien ini berkeliaran itu di aplikasi akan bunyi alarmnya,” ujar Leonardus, Kamis, (23/4/2020).

Aplikasi ini saat ini sedang dirancang oleh Polresta Malang Kota. Mereka berharap dengan aplikasi ini tugas polisi memberikan penyuluhan waspada virus corona semakin mudah. Apalagi wilayah Kota Malang kategori zona merah virus corona di Jawa Timur.

“Ini akan mempermudah tugas-tugas kita. Karena tanpa sadar, PDP dalam kondisi kuat dan sehat dan lalu berkeliaran dengan membawa virus. Bagi yang dia tulari dengan kondisinya lemah. Itu otomatis akan langsung tertular. Prosesnya sangat cepat,” kata Leo.

Selain itu, Leonardus menyebut pihaknya telah membuat tim Satgas Zona Merah. Tugasnya memberikan penyuluhan kepada masyarakat mulai pagi hingga malam secara bergantian. Mereka terus memberikan penyuluhan agar masyarakat memperhatikan anjuran physicial distancing dan sosial distancing.

“Kita bentuk satgas zona merah. Kita sudah memetakan peta wilayah dimana Kecamatan, lalu kita turunkan di Kelurahan sampai ke RT/RW yang sudah memasuki zona merah. Karena tanpa disadari kita bisa saja melihat pasien positif,” tandasnya. (luc/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar