Pendidikan & Kesehatan

Polres Probolinggo Ajak Masyarakat Sadar Bahaya Covid-19

Probolinggo (beritajatim.com) – Polisi belum bersedia melakukan tindakan tegas terhadap masyarakat yang melanggar protokol kesehatan untuk menekan sebaran covid-19.

Kapolres Probolinggo Kota AKBP Ambariadi Wijaya, melalui Kasat Lantas, AKP Tavip, mengatakan polisi terus menggugah kesadaran masyarakat melalui tindakan-tindakan preventif. “Kami tetap pakai cara humanis mengajak masyarakat berdisiplin,” katanya Selasa (14/7/2020) siang.

Selain melalui kampung tangguh, pemasangan baliho, poster, dan anjuran lewat medsos soal disiplin menjalakan protokol kesehatan, kata Tavip, masih dianggap efektif mengedukasi masyarakat. “Pola humanis lebih menyentuh kesadaran masyarakat dari pada tindakan represif,” sambungnya.

Tavip, enggan berspekulasi, ketika ditanya efektifitas dari program tempel stiker dimaksud. “Kami tidak mau represif itu saja. Prinsipnya, polisi berupaya keras membangkitkan kesadaran dan mengajak masyarakat mencegah penyebaran covid-19,” imbuh mantan Kapolsek Tongas, Polres Probolinggo itu.

Sekedar diketahui, 36 angkutan kota dan 10 bus antar kota dalam propinsi, mulai dipasang oneway berisi himbuan ikut menekan sebaran covid-19. Poster ditempel di kaca belakang kedaraan umum ini diharap bisa tersampaikan secara masif.

Atmo, salah seorang sopir angkot mengatakan, pihaknya tidak memiliki kemampuan berkomunikasi untuk mengedukasi penumpang angkutan kota. Dengan oneway ini, ia berharap dengan sendirinya penumpang paham bahaya covid-19. “Kami keliling kota dalam sehari 12 jam. Pasti oneway akan terbaca disetiap daerah yang kita lewati,” katanya.

Penempelan oneway di kaca angkutan kota dan bus, berlangsung mulai pukul 09:00 hingga 17:00 WIB, di depan Mapolres Probolinggo Kota. Rencananya program itu akan diberlakukan untuk semua angkutan kota yang beroperasi. “Semua trayek dalam kota. Infonya bertahap. Himbauan berbahasa madura yang tertulis diharapkan mudah dipahami masyarakat,” tutup Suraji, sopir angkutan kota lainnya.

Sementara itu, update covid-19 sampai saat ini untuk Kota Probolinggo, ODP 402, PDP 57, Positif 133 orang. (eko/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar