Pendidikan & Kesehatan

Polres Pamekasan Intens Ajak Masyarakat Terapkan Prokes

Pamekasan (beritajatim.com) – Polres Pamekasan kembali mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mematuhi protokol kesehatan (prokes), guna memutus mata rantai penyebaran wabah virus corona alias Covid-19.

Ajakan tersebut bukan tanpa alasan, sebab memutus mata rantai penyebaran Covid-19 sangat dibutuhkan peran serta masyarakat. Serta tidak cukup hanya dilakukan oleh jajaran pemerintah maupun korp baju coklat yang sangat gencar melakukan berbagai upaya pencegahan.

“Untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, prinsipnya tidak hanya menjadi tugas pemerintah semata. Tetapi juga dibutuhkan kerjasama dan partisipasi dari seluruh elemen masyarakat,” kata Kapolres Pamekasan, AKBP Apip Ginanjar, melalui Kasubag Humas AKP Nining Dyah, Senin (26/10/2020).

Selain itu, ajakan tersebut juga dibarengi dengan berbagai program yang sinergi dengan upaya mencegah penyebaran wabah Covid-19. Di antaranya melalui giat Razia Lantas Tertib Tangguh Semeru 2020 dengan target sosialisasi hingga ajakan mematuhi prokes melalui Razia .

Disamping itu, personil di lingkungan Polres Pamekasan juga intens melakukan beragam upaya sosialisasi kepada masyarakat. Mulai dari kegiatan bagi-bagi masker gratis, pemasangan stiker di kendaraan umum hingga sosialisasi rajin cuci tangan maupun penerapan physical distancing.

Giat Focus Group Discussion (FGD) juga dilakukan bersama sejumlah pemilik cafe, Dinas Koperasi dan UMKM, perwakilan PKL, Petugas Satpol-PP Pamekasan. “Kami dari pihak kepolisian menginisiasi untuk melaksanakan kegiatan untuk bersama diketahui masyarakat, khususnya terkait penanggulangan Covid-19,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, Polres Pamekasan juga terlibat aktif dalam kegiatan Operasi Yustisi yang digagas Pemkab Pamekasan dengan melibatkan sejumlah instansi samping. Hal tersebut berorientasi untuk memberikan edukasi serta penindakan bagi masyarakat pelanggar prokes di tengah pandemi Covid-19.

Berdasar update peta sebaran virus corona yang dikeluarkan Tim Satgas Covid-19 Pamekasan, terdata sebanyak 356 orang dinyatakan positif terinfeksi. Jumlah tersebut meliputi sebanyak 10 orang dalam perawatan, 32 orang meninggal dunia, serta 314 orang lainnya dinyatakan sembuh.

Sementara untuk status suspect terdata sebanyak 939 orang, meliputi sebanyak 26 orang dalam pengawasan, 60 orang meninggal dunia, serta sebanyak 853 orang lainnya dinyatakan selesai alias Negatif Covid-19. [pin/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar