Pendidikan & Kesehatan

Antisipasi Penyebaran Covid-19

Polres Pamekasan Gagas Bentuk Kampung Tangguh di Seluruh Desa

Pamekasan (beritajatim.com) – Polres Pamekasan membentuk kampung tangguh semeru yang tersebar di seluruh kecamatan di wilayah setempat. Bahkan program tersebut juga diagendakan dibentuk di setiap desa/kelurahan di 13 kecamatan berbeda di Pamekasan.

“Untuk saat ini, program kampung tangguh semeru sudah kita bentuk di seluruh kecamatan. Untuk sementara setiap kecamatan kita bentuk tiga kampung tangguh berdasar usulan dari pihak kecamatan,” kata Kapolres Pamekasan, AKBP Djoko Lestari, melalui Kasubag Humas AKP Nining Dyah, Rabu (17/6/2020).

Lebih lanjut diungkapkan, keberadaan kampung tangguh semeru digagas sebagai upaya untuk mengantisipasi sekaligus mencegah penyebaran wabah virus corona alias Covid-19, khususnya yang sudah mulai menyebar di berbagai wilayah hukum Polres Pamekasan.

“Prinsipnya kampung tangguh ini merupakan upaya dari masyarakat sendiri dalam upaya memecah berbagai masalah di masyarakat, salah satu di antaranya terkait pandemi Covid-19 di Indonesia, khususnya di kabupaten Pamekasan,” ungkapnya.

Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata, Panaan, Palengaan, Pamekasan, yang digagas sebagai Pesantren Tangguh sebagai bagian dari program Polres Pamekasan.

Dukungan dan kerjasama dari masyarakat juga diharapkan untuk bersama mencari solusi pencegahan pandemi Covid-19. “Dari itu kita harus selalu berupaya untuk melakukan yang terbaik, salah satunya dengan membentuk Kampung Tangguh. Sehingga nantinya kita harapkan tumbuh kesadaran masyarakat untuk selalu bergotong royong melalui berbagai divisi yang sudah ada, seperti keamanan, kesehatan, pangan dan lainnya,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan, keberadaan kampung tangguh diharapkan nantinya dapat memberikan rasa aman khususnya terhadap keselamatan dan kesehatan di tengah pandemi Covid-19. “Tidak kalah penting kami juga harapkan agar keberadaan kampung tangguh ini nantinya bisa diberdayakan sebagai bentuk pengamanan swakarsa,” pungkasnya.

Selain membentuk kampung tangguh semeru, pihaknya juga menerapkan program serupa di sejumlah lembaga pendidikan di Pamekasan. Di antaranya dengan membentuk Pesantren Tangguh sebagai upaya mengajak para santri untuk tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

Salah satu pesantren yang mulai dipersiapkan sebagai Pesantren Tangguh, yakni Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata Desa Panaan, Kecamatan Palengaan. Hal tersebut nantinya diharapkan dapat menjadi motivasi bagi pesantren lain untuk menerapkan hal serupa dalam rangka mengantisipasi sekaligus mencegah penyebaran Covid-19.

Terlebih selain tiga desa/kelurahan di setiap kecamatan di Pamekasan, pihaknya juga tengah berupaya untuk membentuk program serupa di setiap desa/kelurahan yang tersebar di 13 kecamatan berbeda di kabupaten Pamekasan. [pin/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar