Pendidikan & Kesehatan

Poliwangi Banyuwangi Buka Penerimaan Mahasiswa Baru, Cek Jurusannya

Kordinator Humas Politeknik Negeri Banyuwangi Wahyu Naris Wari. (istimewa)

Banyuwangi (beritajatim.com) – Politeknik Negeri Banyuwangi membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPN (Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri) se Indonesia. Calon pendaftar sudah bisa melakukan log in mulai Senin (6/1/2020) kemarin dan ditutup 6 Maret 2020 mendatang.

“Jalur seleksi ini sebelumnya biasa dikenal dengan PMDK PN sejak tahun 2014, namun tahun ini telah diubah istilahnya menjadi SNMPN melalui Forum Direktur¬† Politeknik Negeri se- Indonesia (FDPNI),” kata Kordinator Humas Politeknik Negeri Banyuwangi, Wahyu Naris Wari, Selasa (7/1/2020).

Mekanismenya, kata Naris, proses seleksi dan pendaftarannya tetap sama dengan PMDK PN, yaitu melalui website resmi Poliwangi. Setelah masuk, calon pendaftar menggunakan username dan password yang telah diberikan panitia kepada masing masing sekolah.

“Kemudian, sekolah merekomendasi dan dapat mendaftarkan siswa-siswa terbaiknya. Siswa-siswa tersebut akan diberikan user name dan password yang dapat digunakan untuk memasukkan data secara online,” ungkapnya.

Jalur ini, lanjut Naris, diperuntukkan untuk siswa-siswi SMA/ MA sederajat yang telah lulus tahun ini atau fresh graduate. Ini juga jalur undangan yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi bidang vokasi atau Politeknik dan Politani negeri di seluruh Indonesia.

“Pendaftaran gratis ( tidak dipungut biaya) sama sekali karena semua biaya sudah dibebankan pada anggaran pemerintah. Jalur SNMPN ini juga mengakomodir calon peserta yang diterima dan berasal dari keluarga ekonomi lemah tetapi mempunyai prestasi akademik tinggi sebagai peserta program Beasiswa Bidikmisi,” katanya.

Program studi di Politeknik Negeri Banyuwangi yang membuka jalur ini diantaranya D3 Teknik Sipil, D3 Teknik Informatika, D3 Teknik Mesin, D4 Manajemen Bisnis Pariwisata, D4 Agribisnis, D4 Teknologi Pengolahan Hasil Ternak dan D4 Teknik Manufaktur Kapal. (rin/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar