Pendidikan & Kesehatan

Polisi Kawal Pendistribusian Vaksin Covid-19 ke 11 Rumah Sakit di Jombang

Mobil patroli berjajar di halaman Kantor Pemkab Jombang untuk mengawal pendistribusian vaksin ke rumah sakit dan Puskesmas, Selasa (26/1/2021)

Jombang (beritajatim.com) – Pemkab Jombang mulai mendistribusikan Vaksin Sinovac ke 11 rumah sakit, 34 Puskesmas, dan dua klinik (Klinik Polres dan Poskes Kodim), Selasa (26/1/2021) siang. Pendistribusian tersebut dikawal ketat oleh petugas kepolisian menggunakan mobil patroli.

Pemberangkatan dilakukan di halaman kantor Pemkab Jombang. Mobil patroli berjajar di tempat tersebut. Juga kendaraan yang mengangkut vaksin tersebut. Selain dihadiri Bupati Jombang Mundjidah Wahab, pemberangkatan vaksin tersebut juga dihadiri Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah).

Bupati Jombang mengatakan, pihaknya menerima 4000 vaksin Covid-19 dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Demi kelancaran dan menghindari penumpukan kendaraan di Pemkab Jombang, pendistribusian vaksin Covid terbagi dalam tiga kloter.

Bupati Mundjidah menambahkan bahwa pencanangan dimulainya vaksinasi dilaksanakan pada Rabu (27/1/2021) di Puskesmas Tambakrejo. Dilanjutkan pelaksanaan vaksinasi secara serentak sesuai jadwal yang ditentukan, yakni mulai Rabu sampai Jumat (29/1/2021).

Menurut Mundjidah, pendistribusian vaksin Covid-19 tahap pertama ini untuk 10 tokoh, yakni Forkopimda, ajaran pimpinan DPRD, perwakilan tokoh masyarakat (Ketua Muhammadiyah, Ketua PCNU), Kepala Dinas Kesehatan, Direktur RSUD Jombang dan Ploso.

“Insya Allah tidak ada efek samping dari vaksin Covid-19. Sesuai dengan pandangan MUI (Majelis Ulama Indonesia) bahwa vaksin tersebut halal dan aman,” ujar bupati sembari mengatakan bahwa dirinya dan Sekda Jombang tidak masuk dalam daftar penyuntikan vaksin karena sudah pernah terpapar Covid atau penyintas.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jombang drg. Subandriyah yang turut mendampingi bupati mengungkapkan, jumlah sasaran penerima vaksinasi di Kabupaten Jombang adalah 5.632 dosis. Jumlah sasaran yang punya E-tiket 5.374.

Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab menyampaikan sambutan sebelum pemberangkatan vaksin ke rumah sakit

Sementara jumlah vaksin yang sudah datang 4.000 dosis. Sehingga kekurangannya sebanyak 1.632 Dosis. Dinas Kesehatan juga telah menyiapkan vaksinator (petugas vaksin) sebanyak 47 Tim. Masing-masing tim terdiri dari 1 dokter, perawat, bidan dan admin.

“Kita juga sudah antisipasi untuk penanganan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) dengan menyediakan Anafilaktik Kit di setiap fasyankes (fasilitas pelayanan kesehatan), juga sudah disiapkan tim rumah sakit untuk penanganan kasus KIPI yang dirujuk,” pungkas mantan Direktur RSUD Jombang ini. [suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar