Pendidikan & Kesehatan

Pohon Kurma Ajwa Tumbuh Subur di Pekarangan Warga Sumenep

Sumenep (beritajatim.com) – Sebuah pohon kurma tumbuh dan berbuah lebat di pekarangan rumah Bairi, warga Desa Mandala, Kecamatan Rubaru, Kabupaten Sumenep.

Kurma yang tumbuh di Sumenep itu diketahui berjenis ‘ajwa’ hitam. Jenis kurma yang konon menjadi kurma favorit nabi tersebut tumbuh di halaman rumah Bairi sejak tahun 2013. Pohon kurma itu dipastikan tumbuh dengan sendirinya, bukan sengaja ditanam.

“Saya tidak pernah dengan sengaja menanam pohon kurma ini. Ya tiba-tiba saja pohon kurma ini tumbuh,” katanya, Kamis (30/04/2020).

Ia mengaku tidak menyangka jika pohon kurma di halaman rumahnya itu bisa tumbuh dengan subur. Padahal ia tidak pernah melakukan perawatan khusus untuk tanaman kurmanya.

“Alhamdulillah pohon kurma ini sudah berbuah cukup lebat sejak dua tahun terakhir,” ujarnya sambil tersenyum.

Menurutnya, sejak ramai tersiar kabar jika ada pohon kurma di halaman rumahnya, cukup banyak tamu-tamu yang datang untuk melihat pohon kurmanya. Bahkan mereka yang datang tidak hanya dari Sumenep.

“Selain dari Madura, ada juga yang datang dari Situbondo. Bahkan pernah ada yang datang dari Lampung. Mereka kesini untuk melihat dan mencicipi kurma ajwa di rumah saya,” ucapnya bangga.

Ia menceritakan, setelah pohon kurmanya cukup terkenal, ada seseorang yang datang kepadanya dan berniat membeli pohon kurma miliknya. Tidak tanggung-tanggung. Orang itu menawar dengan harga Rp 100 juta.

“Saya sama sekali tidak berniat menjual pohon kurma ini, meski sudah ditawar Rp 100 juta. Biarkan saja seperti ini, karena saya yakin pohon kurma ini membawa berkah untuk saya,” tuturnya. (tem/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar