Pendidikan & Kesehatan

PMI Tunda Donor Darah untuk Warga yang Baru dari Luar Negeri

Jember (beritajatim.com) – Unit Tranfusi Darah Palang Merah Indonesia Kabupaten Jember, Jawa Timur, menunda donor darah bagi pendonor yang punya riwayat perjalanan ke luar negeri baru-baru ini.

“Hendaknya donor darah ditunda selama 28 hari jika datang dari luar negeri. Donasi ditunda jika ada riwayat kontak dengan penderita Covid-19 positif,” kata Ketua PMI Jember Zainal Marzuki, Senin (16/3/2020).

Staf PMi juga wajib menggunakan alat pelindung diri secara optimal. “Staf lebih sering untuk mencuci tangan dan hendaknya tidak bepergian ke luar negeri terlebih dahulu,” kata Zainal. Jika ada ke luar negeri, maka sekembalinya harus mengkarantina diri selama 14 hari.

Petugas PMI diminta menghindari kontak dengan penderita Covid positif. Jika pernah maka harus periksa status kesehatan.

“Jaga kebersihan UTD secara optimal khususnya yang berkaitan dengan kontak pihak luar seperti area register donor, seleksi, pengambilan darah serta area refreshment donor,” kata Zainal.

UTD PMI juga menyediakan antiseptik untuk cuci tangan di beberapa area tertentu. “Periksa suhu setiap individu yang akan masuk datang ke UTD baik staf atau donor,” kata Zainal. [wir/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar