Pendidikan & Kesehatan

PMI Surabaya Siap Terima Donor Plasma Darah

Surabaya (beritajatim.com) – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surabaya memastikan pihaknya siap untuk melakukan donor plasma darah. Peralatan untuk pengambilan sampel sebagai materi vaksin Covid-19 pun sudah tersedia.

Saat ini, masih menunggu protap dari PMI Pusat sebagai acuan dalam mengambil plasma darah dari calon pendonor.

Kepala PMI Surabaya, Budi Arifah menjelaskan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pengambilan plasma darah dari calon pendonor.

Diantaranya, calon pendonor adalah mereka yang pernah dinyatakan positif Covid-19. Namun, sudah dinyatakan sembuh.”Itu dipastikan dari dua kali hasil tes swab PCR dan hasilnya negatif,” katanya saat dikonfirmasi.

Selain itu, calon pendonor yang bisa mendonorkan plasma darah lebih diutamakan pria. Sedangkan untuk wanita yang pernah melahirkan disarankan untuk tidak mendonorkan plasma darahnya.

“Karena wanita yang pernah melahirkan, imun tubuhnya tidak sekuat Pria. Sehingga lebih diutamakan calon pendonor pria,” terang wanita berjilbab ini.

Ia menambahkan, bila protap donor plasma darah sudah dikeluarkan dari PMI Pusat maka calon pendonor yang memenuhi persyaratan tersebut dilakukan terlebih dahulu.

“Kalau untuk OTG (orang tanpa gejala) masih belum,” kata Budi.

PMI Surabaya dikatakan Budi juga menyediakan laboratorium untuk menguji sample plasma darah dari calon pendonor.”Sebenarnya lokasi ada dua. Namun bisa juga ditempat kami nanti pengambilannya,” imbuhnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kota Surabaya, Whisnu Sakti Buana menyarankan agar para buruh pabrik rokok PT HM Sampoerna yang terindikasi positif Covid-19, namun berasal dari OTG untuk mendonorkan plasma darahnya.

Itu dikatakan Whisnu sebagai serum anti Covid-19. Selain itu langkah donor plasma darah juga sebagai salah satu cara memutus rantai virus.(ifw/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar