Pendidikan & Kesehatan

PMI Surabaya Getol Lakukan Donor Darah

Agung Prabowo, selaku PIC Pelaksana kegiatan yayasan indonesia sehat.

Surabaya (beritajatim.com) – Jelang bulan Ramadan, data dari Unit Transfusi Darah PMI Kota Surabaya setiap tahunnya menunjukkan fenomena yang memprihatinkan dimana stok darah mengalami penurunan 40% sampai 60%.

Dalam rangka menjaga kestabilan stock darah saat bulan Ramadhan sekaligus juga tetap menggalakkan skrining donor plasma konvalesen sebagai terapi efektif bagi penderita Covid-19, Yayasan Bersama Indonesia Sehat (YBIS) berkolaborasi dengan PD Taman Satwa Kebun Binatang Surabaya serta beberapa komunitas penggiat donor darah dan donor plasma konvalesen, Minggu (11/4/2021).

Donor Darah dan Skrining Donor Plasma Konvalesen pada 2 hari sebelum Bulan Ramadhan dimulai pukul 7 pagi sampai 1 siang.

“Gerakan bersama ini diharapkan selain menggugah empati dan memotivasi para pendonor / penyintas Covid-19 untuk bisa berkontribusi sukarela mendonorkan plasma konvalesen untuk membantu pasien Covid-19 jelang bulan Ramadhan, juga memberikan nuansa atau atmosfer yang berbeda karena diselenggarakan di destinasi wisata kebanggaan kota Surabaya yaitu Kebun Binatang Surabaya. Sehingga selain beramal dengan mendonorkan darah juga sekaligus bisa berwisata, bergembira bersama keluarga, karena dengan bergembira tentunya imun akan tetap terjaga” kata Teguh Prihandoko, Ketua Umum Yayasan Indonesia Sehat.

Dalam kegiatan ini, Agung Prabowo, selaku PIC Pelaksana Kegiatan Donor Darah dan Skrining Donor Plasma Konvalensen, mengatakan bahwa bagi pendonor dan penyitas yang skrining bisa mendapat cash back tiket KBS.

“Kami memberikan cash back tiket bagi yang sudah donor maupun ikut skrining. Kegiatan ini pun baru pertama kali dilakukan di KBS dan mendapat respon cukup baik,” ujar Agung.

Dalam Pelaksanaan kegiatan ini, jumlah pendonor mencapai 94 orang dan penyitas yang turut memberikan sample darah untuk plasma darah konvalesen sebanyak 9 orang. [adg/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar