Pendidikan & Kesehatan

PMI Semprotkan Seribu Liter Disinfektan di Lapas Jember

Petugas PMI menyemprotkan seribu liter cairan disinfektan ke area Lapas Jember. [foto: Humas PMI Jember]

Jember (beritajatim.com) – Lima belas orang petugas Palang Merah Indonesia menyemprotkan seribu liter cairan disinfektan ke area Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Kabupaten Jember, Jawa Timur, Selasa (27/4/2021).

Penyemprotan ini bagian dari tindaklanjut atas teridentifikasinya Covid-19 pada belasan penghuni dan petugas lapas. “PMI berperan aktif membantu lembaga pemasyarakatan. Di mana saja ini bisa terjadi, karena ada kunjungan keluarga,” kata Ketua PMI Jember Zainal Marzuki.

Saat ini lapas yang berdaya tampung 390 orang itu dihuni 790 orang narapidana dan tahanan. “Apabila (disinfektan) kurang, kami akan siapkan tambahannya,” kata Zainal.

Selain menyemprotkan disinfektan, PMI Jember juga akan memberi vitamin kepada lapas untuk menjaga imunitas masing masing warga binaan dan petugas. “PMI dengan fungsi tugasnya akan mendukung seluruh pihak stakeholder,” kata Zainal.

Kepala Lapas Jember Yandi Suyandi bersyukur dengan tindakan PMI ini. Selama ini petugas lapas sudah melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin. “Narapidana yang kena Covid ini dari blok wanita. Satu orang gejala muntah-muntah, terus kami bawa ke RS Daerah dr. Soebandi malam itu. Diswab ternyata positif Covid. Kami rawat, dan setelah 14 hari, diswab lagi hasilnya negatif. Jadi sudah sehat,” katanya.

Sebanyak 36 narapidana wanita menjalani swab untuk pelacakan, termasuk petugas jaga. “Hasilnya sepuluh narapidana wanita orang tanpa gejala. Satu orang tamping laki-laki dari poliklinik tanpa gejala juga. Satu orang petugas juga OTG, sudah isolasi di rumah,” kata Yandi. [wir/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar