Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Jemput Bola Penuhi Kebutuhan Darah

PMI Lamongan Luncurkan Mobil Donor Darah Baru

PMI Lamongan meluncurkan satu unit mobil donor darah baru, di momen HUT ke-77 Palang Merah Indonesia, Rabu (5/10/2022).

Lamongan (beritajatim.com) – Tepat di momen tasyakuran HUT ke-77 Palang Merah Indonesia (PMI), satu unit mobil donor darah diluncurkan oleh PMI Lamongan, Rabu (5/10/2022). Mobil dipakai untuk melakukan jemput bola ke berbagai wilayah di Kabupaten Lamongan.

Menurut Ketua PMI Lamongan, Agus Suyanto, mobil donor darah tersebut mampu menampung 4 orang pendonor sekaligus. Bahkan, mobil itu juga dilengkapi TV dan sudah ber-AC. Sehingga juga dapat memberikan kenyamanan bagi para pendonor.

Dengan adanya mobil donor darah ini, Agus optimis, kebutuhan darah di Lamongan bisa terpenuhi 100 persen. Pasalnya, mobil ini akan bisa lebih banyak menjangkau para pendonor.

“Total kebutuhan darah di Kabupaten Lamongan sebanyak 1.500 kantong darah per bulan. Di tahun 2022, UDD (Unit Donor Darah) PMI Lamongan bisa memenuhi 95 persen kebutuhan darah. Kini, dengan adanya unit mobil donor darah ini, diharapkan bisa penuhi 100 persen kebutuhan tersebut,” ujar Agus.

Lebih lanjut, Agus menjelaskan bahwa secara prosentase kegiatan donor darah di Kabupaten Lamongan selama ini lebih banyak dilakukan dengan cara jemput bola ketimbang dilakukan di Kantor PMI.

PMI Lamongan meluncurkan satu unit mobil donor darah baru, di momen HUT ke-77 Palang Merah Indonesia, Rabu (5/10/2022).

Oleh karenanya, Agus berkata, kegiatan donor darah keliling akan lebih dioptimalkan. Apalagi, saat ini PMI sudah ditunjang dengan fasilitas baru, yakni mobil donor darah. Ia juga mengaku, bakal menjalin kerjasama dengan BPBD, Dinkes, Dinsos dan Satpol PP, dalam kegiatan penanganan kebencanaan dan kegiatan sosial.

“Pendonor yang datang langsung ke kantor sebesar 25 persen, sedangkan donor darah keliling itu sebesar 72 persen,” terangnya.

Agus menegaskan, selain berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanannya, PMI Lamongan juga terus melakukan pembinaan, baik untuk relawan maupun palang merah merah remaja.

PMI Lamongan meluncurkan satu unit mobil donor darah baru, di momen HUT ke-77 Palang Merah Indonesia, Rabu (5/10/2022).

Tercatat, setidaknya saat ini PMI Lamongan telah membina 18 relawan, korp sukarelawan 125 orang yang berasal dari perguruan tinggi, serta 240 anak di Palang Merah Remaja (PMR) tingkat Wira atau SMA sederajat dari 10 lembaga pendidikan yang ada di Lamongan.

“Untuk PMR tingkat Madya atau SMP sederajat sejumlah 32 anak, dari 2 lembaga pendidikan. Sedangkan PMR tingkat Mula atau SD sederajat belum ada,” ucap Agus.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi menyampaikan apresiasinya atas kinerja PMI Lamongan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan terus meningkatkan pelayanannya. Termasuk kinerja PMI saat terjadinya pandemi Covid-19.

“Sangat luar biasa, bahwa keterjangkauan PMI saat ini sudah 95 persen untuk bisa melayani kebutuhan darah, melayani para pasien yang memerlukan darah. Saat pandemi juga luar biasa yang dilakukan PMI, dalam situasi Covid-19, PMI terus bekerja keras untuk melayani masyarakat. Saya juga mengapresiasi para pendonor yang setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan,” papar Yuhronur.

Orang nomor satu di Lamongan ini berharap, PMI Lamongan bisa terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, khususnya dalam menjaga ketersediaan darah di Lamongan agar tetap aman.

“PMI adalah salah satu bagian penting untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Lamongan,” tutupnya. [riq/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar