Pendidikan & Kesehatan

PMI Jember Kuras Sumur Korban Banjir

Jember (beritajatim.com) – Petugas Palang Merah Indonesia menguras sumur warga di Dusun Kraton, Desa Wonoasri, Kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember, Jawa Timur, yang menjadi korban banjir, Sabtu (16/1/2021).

Aksi kuras sumur ini dikarenakan banyaknya lumpur yang masuk sumur warga setelah banjir surut. “Selain itu kami juga melakukan pembersihan rumah-rumah warga yang banyak terselimuti lumpur,” kata Ketua PMI Jember EA Zaenal Marzuki.

Ada sebelas personel PMI yang diturunkan untuk \mensterilkan sumur-sumur warga yang terendam. Mereka menyisir sumur warga di wilayah RT 6 RW 3 Dusun Kraton. “Setelah bersih sumur tersebut diberi tawas,” kata Humas PMI Jember Ghufron Evian Effendi.

PMI Jember menurunkan dua alat sedot air dan dua armada untuk menguras sumur hingga bersih. Butuh waktu setengah sampai satu jam untuk menyedot sumur sampai bersih. Sumur  jadi prioritas pembersihan karena warga mulai kembali ke rumah masing-masing dan membutuhkan air bersih untuk masak dan kebutuhan lainnya.

Dusun Kraton adalah kawasan hilir daerah aliran sungai Mayang dan Gladak Putih. Banjir makin parah karena mendapatkan kiriman dari Sungai Gladak Putih yang berada di kawasan Curahnongko, Kecamatan Tempurejo. Air sungai meluber ke jalanan dan permukiman warga.  Genangan air lupannya mencapai satu meter sehingga warga tidak dapat beraktivitas seperti biasanya seperti memasak dan mencuci karena sumur warga juga terendam banjir.

Hasil penilaian relawan PMI Jember terdapat 814 KK yang tersebar di RW 1, 2 dan 3 Dusun Kraton yang terdampak banjir terparah. Namun pada hari kedua Genangan menjelang sore air mulai surut. [wir/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar