Pendidikan & Kesehatan

PLT Dindik Jatim Luncurkan Mobil Besutan SMK

Surabaya (beritajatim.com) – Dinas Pendidikan Jawa Timur menerjunkan mobil praktek keliling. Mobil ini menyasar SMK terpencil sebagai upaya mengasah ketrampilan siswa dan membantu proses pembelajaran.

Menurut Plt Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Jawa Timur, Hudiyono, konsep yang diusung hampir sama dengan SMK Pengampu. Mobil ini tidak hanya ditujukan pada satu sekolah tapi keliling mendatangi sekolah-sekolah.

“SMK Pengampu kan mendatangkan aliansi ke sekolah, konsepnya sama dengan mobil pengampu,” ungkap Hudiyono, Senin (12/8/2019).

Ia menjelaskan dengan adanya mobil praktek ini dapat memenuhi kebutuhan sekolah SMK yang dari segi sarana praktek kurang.

“Dari 2.078 SMK di Jatim itu kurang lebih 60 persen yang harus kita standarkan sarana prasarananya. Itu kan butuh waktu juga, makanya kita terjunkan mobil praktek keliling,” terangnya.

Dijelaskan Hudiyono mobil ini dilengkapi dengan kelengkapan yang dibutuhkan, termasuk teknologi baru disesuaikan dengan jurusan.

“Ada jurusan mesin CNC lama, lah di mobil ini ada teknologi baru dan cara baru. Memang ini sudah disiapkan oleh Ibu Gubernur (red : Khofifah Indarparawansah) agar bisa memberikan pelayanan disekolah,” paparnya.
Sementara itu Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan SMK Provinsi Jawa Timur, Dr. Suhartono, M.Pd menambahkan, mobil praktek akan keliling dan mendatangi sekolah SMK di Jatim.

“Kalau wilayah semua didatangi ini ditujukan pada sekolah kecil minim peralatan guna membantu proses pembelajaran. ini tahap kedua. Nanti kita jadwalkan setiap satu kali putaran sembilan tujuan,” urai Suhartono.

Pendidikan vokasional menjadi langkah strategis Pemprov Jatim. Pentingnya pembekalan skill siap kerja menjadikan beberapa sekenario dilakukan termasuk jemput bola menghadirkan mobil praktek keliling. [adg/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar