Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

PKM Pendidikan Olahraga Unesa Beri Bekal Baru Guru MGMP PJOK Mojokerto

Para dosen Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Jurusan Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Olahraga dalam kegiatan PKM pelatihan tema massage kepada guru PJOK Mojokerto beberapa waktu yang lalu.

Surabaya (beritajatim.com) – Para dosen Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Jurusan Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Olahraga menyelenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang berfokus pada pelatihan peningkatan keilmuan dan kompetensi para guru yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga Kesehatan (MGMP PJOK) SMA dan SMK yang berasal dari Kabupaten dan Kota Mojokerto.

Kepala Laboratorium Jurusan Pendidikan Olahraga, Dwi Lorry Juniarisca, S.Pd., M.Ed menjelaskan kegiatan PKM dosen Unesa Program Pendidikan Olaharaga tersebut dilaksanakan hampir satu bulan, yaitu dimulai tanggal 9-24 oktober 2021, yang bertempat di SMAN 1 Puri, Kota Mojokerto.

“Tujuan dari PKM tersebut adalah untuk lebih menambah dan meningkatkan keilmuan di program PJOK bagi para guru SMA dan SMK, karena banyak ilmu banyak yang belum diketahui untuk anak didik mereka,”ujarnya,saat dihubungi, di Surabaya, Selasa(2/11/2021).

Dijelaskannya, PKM dosen Universitas Negeri Surabaya (Unesa) jurusan pendidikan olahraga Fakultas Ilmu Olahraga dibagi enam tema. Tema-tema tersebut adalah; kesehatan, mental psikologi, pembalajaran atau assistmen, permainan kecil, massage dan phisically literasi.

“Sebanyak 36 dosen dari dosen Universitas Negeri Surabaya (Unesa) jurusan pendidikan olahraga Fakultas Ilmu Olahraga yang akan memberikan pelatihan 6(enam) tema kepada 78 peserta, dan dilakukan setiap sabtu dan minggu mulai pagi hingga siang,”jelasnya.

Dari hasil evaluasi PKM pasca pelatihan per tema, para guru PJOK merasakan banyak manfaatnya.”Banyak ilmu baru yang telah didapat mereka, “Mereka sangat terbantu, hal tersebut bisa dilihat saat praktek tema permainan kecil, banyak hal yang baru, dan ada juga tema baru yaitu physically literasi yang jarang mereka dapatkan,”tambahnya.

Lebih lanjut, Dwi Lorry menambahkan kegiatan pelatihan dalam PKM Prodi Pendidikan Olahraga Unesa Surabaya akan terus dikembangkan pada tahun mendatang, khususnya pengembangan materi yang diberikan.

“Kami akan terus mengembangkan PKM dalam bentuk kegaitan pelatihan karena kegiatan PKM adalah bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, oleh kerana itu kami terus meningkatkan materi keilmuan yang akan diberikan pada kegiatan tersebut ditahun mendatang,”katanya.(kun)


Apa Reaksi Anda?

Komentar