Pendidikan & Kesehatan

Petugas Haji Sampang ‘Sumbang’ Pasien Positif Covid-19 di Pamekasan

Pamekasan (beritajatim.com) – Satu warga Kecamatan Proppo, Pamekasan, yang tergabung dalam cluster pelatihan petugas haji di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, beberapa waktu lalu. Dinyatakan positif terinfeksi wabah virus corona alias Covid-19.

Hal itu berdasar hasil update peta sebaran Covid-19 di Provinsi Jawa Timur, Minggu (12/4/2020) kemarin. Dimana pria yang tercatat sebagai petugas kesehatan di Kabupaten Sampang, dinyatakan positif Covid-19 berdasar hasil swab dari Kemenkes RI Jakarta.

“Tim Tracing Dinkes Pamekasan mendapat informasi bahwa yang bersangkutan merupakan petugas haji (di Kabupaten Sampang), saat itu juga ia dinyatakan sebagai ODR (Orang Dalam Resiko) dan disarankan melaksanakan isolasi mandiri,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinkes Pamekasan, dr Ahmad Marzuki, Senin (13/4/2020).

Selama 14 hari melaksanakan isolasi mandiri, ia mengalami gejala sakit dan melakukan pemeriksaan Laboratorium RSUD Sampang. “Hasil swab dari Kemenkes Jakarta, yang disampaikan melalui Dinkes Pemprov Jatim, pada pukul 15:00 WIB kemarin. Ia dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19,” ungkapnya.

“Saat ini tim tracing Dinkes Pamekasan, sedang melakukan komunikasi dan edukasi agar yang bersangkutan melakukan isolasi di rumah sakit. Sebab sejak datang (dari pelatihan haji di Surabaya), yang bersangkutan melakukan isolasi mandiri di rumah,” jelasnya.

Dengan tambahan satu pasien positif Covid-19 tersebut, saat ini terdata sebanyak tiga pasien yang terinfeksi virus dari Tiongkok di Kabupaten Pamekasan. Dua pasien positif saat ini tengah menjalani perawatan intensif di RSUD dr Slamet Martodirdjo Pamekasan, sedangkan satu pasien lainnya meninggal dunia, beberapa waktu lalu. [pin/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar