Pendidikan & Kesehatan

Petrokimia Semprotkan Disinfektan ke Warga Ring Satu, 22 Masjid dan 3 Gereja

Penyemprotan Disinfektan di Kantor Kelurahan Sukorame

Gresik (beritajatim.com) – Masih merebaknya virus Covid-19 di wilayah Kabupaten Gresik, membuat perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Petrokimia Gresik melakukan penyemprotan disinfektan di warga ring satu. Selain ring satu sekitar perusahaan. Anak usaha PT Pupuk Indonesia (persero) itu juga melakukan hal yang sama di 22 masjid, dan 3 gereja.

Sekretaris Perusahaan PT Petrokimia Gresik (PG) Yusuf Wibisono menuturkan, bahwa perusahaan sepenuhnya mendukung upaya Kementerian BUMN. Sebagai koordinator wilayah Jatim, Petrokimia Gresik telah melaksanakan berbagai program pencegahan Covid-19, baik di lingkup internal hingga masyarakat sekitar perusahaan atau ring satu. “Pencegahan virus Covid-19 untuk lingkungan ring satu sekitar perusahaan terbagi menjadi dua program, yakni untuk tempat ibadah dan untuk masyarakat sekitar,” tuturnya, Kamis (2/04/2020).

Adapun tempat ibadah yang menjadi sasaran penyemprotan disinfektan. Masing-masing 22 masjid, dan 3 gereja yang ada di Kecamatan Gresik, Kebomas dan Manyar.

Selain itu, lanjut Yusuf, setiap tempat ibadah menerima bantuan berupa cairan disinfektan, yaitu karbol sebanyak 3 liter, sabun cair 1 liter, hand soap 5 botol, hand sanitizer 3 botol, dan peralatan lainnya. Juga terdapat banner yang berisikan pesan kepada jamaah untuk selalu waspada pada penyebaran COVID-19, serta bantuan uang tunai senilai 200 ribu rupiah kepada pengelolah rempat ibadah.

“Paling utama, kami memberikan edukasi, dan mengajak untuk bersama-sama melakukan praktik pencegahan penularan COVID-19 di masjid dan gereja,” imbuhnya.

Sedangkan untuk masyarakat sekitar, perusahaan (ring satu) yang dilakukan penyemprotan disinfektan ada delapan desa. Antara lain, Desa Roomo, Kelurahan Karangpoh, Tlogopojok, Sukorame, Karangturi, Lumpur dan Kroman.

Penyemprotan disinfektan ini menggunakan mobil pemadam kebakaran (PMK) milik Petrokimia Gresik. Program ini sejalan dengan arahan Menteri BUMN Erick Tohir beberapa waktu lalu, yang mengimbau BUMN untuk melakukan penyemprotan disinfektan hingga level Rukun Tetangga dan Rukun Warga (RT/RW) di sekitar perusahaan.

Selain itu, kegiatan ini juga melengkapi upaya pencegahan Covid-19 yang telah dilakukan Petrokimia Gresik untuk lingkungan sekitar perusahaan. Dimana sebelumnya, perusahaan telah bekerja sama dengan Rumah Sakit Grha Husada menyelenggarakan pelatihan Kader Kampung Sehat bagi masyarakat, yang salah satu materinya adalah pencegahan Covid-19 di lingkungan sekitar.

“Kami juga mngikuti kebijakan physical distancing yang digencarkan oleh pemerintah. Menurutnya, kepatuhan masyarakat terhadap kebijakan pemerintah berkontribusi besar dalam memutus rantai penyebaran Covid-19. tandasmya. [dny/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar