Pendidikan & Kesehatan

Pessandra Akan Gelar Munas II, Inilah Tema yang Diusung

Lamongan (beritajatim.com) – Persatuan Santri Alumni Sunan Drajat (Pessandra) akan menggelar Musyawarah Nasional (Munas) II pada Minggu, (30/5/2021) di Aula Pondok Pesantren Sunan Drajat (PPSD) Paciran Lamongan Jawa Timur.

Dr. Sulanam M.Pd yang menjabat Ketua Umum Pessandra 2018-2021 menjelaskan, bahwa kegiatan Munas II akan dilaksanakan secara offline sesuai protokol kesehatan (prokes), dan tetap mengacu pada aturan pemerintah, yakni penuh kehati-hatian dengan memperhatikan secara seksama dalam menjalankan saran pemerintah terkait pelaksanaannya.

“Meski masih pandemi dan harus menerapkan standar prokes dengan ketat. Hal itu tidak membuat kami menyerah pada keadaan, Pessandra berupaya untuk terus dan tetap selalu berpartisipasi, berperan serta, dan berkontribusi terhadap penguatan dan kejayaan Negeri,” tegas Sulanam dalam keterangannya, Jumat (28/5/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Sulanam juga menyampaikan, agar semangat pendirian Pessandra tetap menggelora dalam dada setiap santri alumni pada umumnya dan para peserta Munas khususnya, kegiatan ini akan digelar di lingkungan PPSD yang diasuh oleh Kiai Karismatik dan memiliki 12 ribu santri, KH Abdul Ghofur. Lebih lanjut, pada Munas kali ini Pessandra mengusung tema ‘Persaudaraan Santri Menguatkan Negeri’.

“Diusungnya tema itu berawal dari ayat Innamal-mukminuuna ikhwatun fa ashlihuu baina akhowaikum, yang menjadi dasar teologis dari gerakan yang kita lakukan sebagai seorang muslim. Lalu secara global kita berada di saat pandemi, dan yang menguatkan kita sejatinya dua hal, yakni iman dan imun. Dan dari keduanya itulah persaudaraan bisa kita wujudkan dan mengantarkan kita bisa menghadapi situasi sulit saat pandemi seperti ini. Bahkan juga Negara butuh itu,” terang Sulanam kepada beritajatim.com

Pria yang meraih gelar doktornya di UINSA Surabaya tersebut juga menerangkan, persaudaraan itu erat kaitannya dengan kesenian beladiri. Sedangkan, pada periode awal, mulanya PPSD itu dirintis dengan cara menonjolkan atau mempromosikan seni beladiri. Maka, selain persaudaraan ini untuk kepentingan Negara yang lebih luas, di satu sisi kita juga berada pada kehidupan yang beragam, baik dari sisi agama, suku, ras dan etnis.

“Negara kita membutuhkan persaudaraan yang kuat, karena persaudaraan merupakan kunci perekat sosial kemasyarakatan secara luas. Maka dengan membangun jejaring antar santri, niscaya santri turut menguatkan Negeri,” jelasnya

Diketahui, pada masa itu, organisasi ini berdiri, lewat pernyataan dan kesepakatan bersama untuk membentuk Persatuan Santri Alumni Sunan Drajat (Pessandra) yang bertujuan membantu pembinaan penyelenggaraan pendidikan di PPSD, dan merupakan wadah komunikasi, serta kerja sama para alumni PPSD, baik alumni yang berasal dari wilayah pulau Jawa, luar Jawa, atau bahkan luar Negeri.

Saat menjelang Munas II digelar, panitia telah mensosialisasikan dan menyebar berbagai pengumuman lewat media sosial. Panitia mengajak kepada seluruh alumni PPSD untuk mensukseskan Munas II yang digelar pada 30 Mei mendatang.

Harapan dari diadakannya Munas II ini, Sulanam menambahkan, agar semua alumni PPSD dapat memberikan sumbangsi terbaik bagi bangsa dan Negara dalam kondisi pandemi saat ini. Dengan berkontribusi secara maksimal dalam setiap bidang pengabdian yang dilakukan, serta menunjukan eksistensi positifnya. Pemikiran, gagasan, sekaligus ide-ide PPSD dan alumninya bisa menjadi referensi pembangunan daerah dan nasional, di sejumlah bidang.

“Semoga momentum ini menjadikan ikatan dari para alumni semakin erat, sekaligus membangun sinergitas di semua bidang. Karena sebagai Pondok Pesantren yang mempunyai peran besar dalam perjuangan berbangsa dan bernegara, sudah semestinya ini yang harus dilakukan Pondok Pesantren dan alumninya,” pungkasnya

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Selain evaluasi dan perencanaan program ke depan, dalam Munas juga akan dilaksanakan pemilihan Ketua Umum dan jajaran kepengurusan Pessandra untuk periode selanjutnya.[riq/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar