Pendidikan & Kesehatan

Riset untuk Rakyat

Perwakilan PT Presentasikan Hasil Riset

Ketua Dewan Riset Daerah (DRD) Pamekasan, Kadarisman Sastrodiwirdjo memberikan sambutan dalam kegiatan Forum Riset; Riset untuk Rakyat di Mandhepa Agung Ronggosukowati, Jl Pamong Praja Nomor 1, Kamis (3/12/2020).

Pamekasan (beritajatim.com) – Sejumlah dosen dari berbagai Perguruan Tinggi (PT) di kabupaten Pamekasan, mempresentasikan hasil riset dalam giat Forum Riset yang digagas Dewan Riset Daerah (DRD) Pamekasan, di Mandhepa Agung Ronggosukowati Jl Pamong Praja Nomor 1, Kamis (3/12/2020).

Forum riset bertajuk Riset untuk Rakyat, dibuka langsung oleh Bupati Pamekasan, Badrut Tamam sekaligus memberikan cinderamata bagi 10 presentator yang bakal mempresentasikan hasil riset di depan forum yang dihadiri undangan dari berbagai instansi di wilayah setempat.

“Pertama kami perlu menyampaikan selamat ulang tahun kepada Bapak Badrut Tamam, semoga Allah melimpahkan berkah dan nantinya dapat bermanfaat bagi agama, umat dan keluarga,” kata Ketua DRD Pamekasan, Kadarisman Sastrodiwirdjo.

Selain itu pihaknya juga mengingatkan para hadirin agar selalu ingat pesan ibu melalui jargon 3M dalam mengantisipasi dan memutus rantai penyebaran Coronavirus Disease 2019. Terlebih forum riset juga menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

Bupati Pamekasan, Badrut Tamam (kanan) menerima kue ulang tahun dari Ketua DRD Pamekasan, Kadarisman Sastrodiwirdjo, Kamis (3/12/2020).

“Kegiatan ini pemaparan hasil riset Perguruan Tinggi yang dikembangkan melalui forum riset, tujuannya agar hasil riset dari Perguruan Tinggi nantinya dapat ditangkap dan dijadikan sebagai gambaran dan rekomendasi oleh para pengusaha, asosiasi maupun pemerintah,” ungkapnya.

Dari itu, pihaknya memberikan ruang bagi para dosen maupun peneliti dari berbagai PT di kabupaten Pamekasan, untuk membagikan hasil riset yang selama ini hanya dijadikan sebagai teori semata. “Saat ini kami memberikan kesempatan bagi PT untuk mempresentasikan hasil riset,” jelasnya.

“Semoga saja hasil presentasi ini nantinya ada hal cocok untuk dikembangkan dan diterapkan oleh lembaga atau instansi tertentu, sekalipun untuk saat ini hanya 10 hasil riset dari berbagai Perguruan Tinggi yang dipresentasikan,” pungkasnya.

Seperti duketahui, terdapat sebanyak 52 artikel hasil penelitian yang diterima dan diseleksi oleh Tim Asesment yang dibentuk DRD Pamekasan. Namun hanya 10 artikel hasil riset dari 10 Perguruan Tinggi yang dinyatakan layak melalui proses review artikel.

Sementara untuk total 52 artikel hasil penelitian meliputi sebanyak 12 artikel dari Universitas Islam Madura (UIM), 10 artikel dari Poltera, 7 artikel dari Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat, serta 6 artikel dari Universitas Madura (UNIRA) Pamekasan.

Sedangkan 5 artikel lainnya dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, 5 artikel dari STEI Bhakti Bangsa, 2 artikel dari Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Miftahul Ulum, serta 1 artikel dari STIDKIS Al-Mardiyah dan 1 artikel dari STIE Madani. [pin/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar