Pendidikan & Kesehatan

Persiapan UTBK SBMPTN di Unair Telah Mencapai 99 Persen

Rektor Unair Prof. Nasih

Surabaya (beritajatim.com) — Rektor Universitas Airlangga Surabaya, Prof Dr M Nasih, mengatakan, ujian tulis berbasis komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang dimulai 5 Juli 2020 persiapannya telah mencapai 99 persen.

“Sekarang tinggal pesertanya saja. Semoga mereka bisa mengikuti jalannya UTBK SBMPTN dengan baik dan harapannya masuk perguruan tinggi negeri terwujud,” kata M Nasih di Surabaya, Sabtu (4/7/2020) petang.

Dia mengutarakan, sejauh informasi dan laporan yang dia terima, sebanyak 74 pusat pendidikan akan menyelenggarakan UTBK secara serentak. “Memang ada yang minta pengunduran dan penyesuaian. Karena alasan kondisi geografisnya minta jadwal ulang. Secara teknis Unair siap 99 persen untuk menggelar ujian dan tinggal calon mahasiswa menjalani ujian dengan baik,” tambahnya.

UTBK SBMPTN tahun 2020 berlangsung di masa pandemi Covid-19. Peserta yang menjalani tes di Kota Surabaya mesti memberikan laporan hasil rapid tes atau swab tes sebelum mengikuti ujian di kota ini.

Prof M Nasih mengutarakan, sejauh koordinasi yang dia lakukan dengan sejumlah pimpinan daerah di Jatim, kabupaten, dan kota diperoleh penjelasan bahwa para pimpinan daerah tersebut ikut turun tangan. Mereka memberikan dukungan langsung kepada calon mahasiswa dari daerahnya yang akan mengikuti UTBK di Surabaya dengan rapid tes atau swab tes lebih dulu di daerahnya.

“Karena itu, dalam kesempatan ini saya sampaikan apresiasi tinggi kepada pimpinan daerah yang membantu calon mahasiswa dari daerahnya untuk rapid tes atau swab tes. Masalah ini harus diusahakan bersama. Dan saya melihat semua pihak bergerak untuk membantu calon mahasiswa yang mau rapid tes atau swab tes,” tegasnya.

Prof M Nasih mengungkapkan, sejumlah pimpinan daerah, seperti dari Kabupaten Lamongan, Gresik, Sidoarjo, Banyuwangi, Kota Surabaya, Kota Kediri, dan lainnya telah berkomunikasi dengan pihaknya. Mereka menyampaikan telah bergerak dan mendukung calon mahasiswa dari daerahnya masing-masing untuk bisa ikut UTBK SBMPTN di Unair di Surabaya dengan baik.

Tentunya, calon mahasiswa itu mesti melengkapi dirinya dengan surat laporan hasil tes rapid tes atau swab tes. “Bantuan dan dukungan para kepala daerah itu sungguh luar biasa. Saya menyampaikan banyak terima kasih,” tandas Prof M Nasih. [air]





Apa Reaksi Anda?

Komentar