Pendidikan & Kesehatan

Persiapan Pimnas, UMM Jadi Tuan Rumah Monev PKM

Malang(beritajatim.com) – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan monitoring dan evaluasi (monev) Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang tahun 2019. Agenda ini dilaksanakan selama 3 hari, mulai 11 hingga 13 Juni di Aula Gedung Kuliah Bersama 4 lantai 9 UMM.

Diikuti 59 PKM dari 6 perguruan tinggi Jawa Timur. Terdiri dari UMM 38 PKM, Politeknik Negeri Malang 7 PKM, Institut Teknologi Nasional Malang 8 PKM, Universitas Merdeka Malang 4 PKM, STIK Maharani Malang 1 PKM dan STKIP PGRI Blitar 1 PKM.

Monev merupakan salah satu tahap penentuan keikutsertaan mahasiswa dalam pelaksanaan PKM sebelum para peserta melangkah pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas). Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan dan mengevaluasi pelaksanaan penugasan PKM yang telah lolos pendanaan.

Di UMM, mereka mempresentasikan laporan kemajuan PKM yang telah mereka kerjakan sebelumnya di hadapan tim reviewer dari Dirjen Belmawa Kemenristekdikti. Kemudian peserta akan melakukan klarifikasi dari pertanyaan reviewer yang terdiri dari Dr.rer.nat I Wayan Karyasa, M.Sc., dan Dra. Titiana Iriwani, M.Sn.

Wakil Rektor III UMM, Sidik Sunaryo, mengatakan, PKM UMM merupakan salah satu yang terbanyak di Jawa Timur. Pencapaian ini merupakan peningkatan reputasi UMM dalam tren positif keikutsertaan PKM selama 3 tahun terakhir.

“Kami lakukan banyak pembekalan. Di antaranya, pembimbing PKM, dan tim reviewer internal. Tim ini untuk memperbaiki, mendampingi dan melatih sebelum di review oleh tim eksternal. Mahasiswa akan presentasi di akhir pekan selama satu bulan,” kata Sidik, Sabtu, (13/7/2019).

Sidik berharap, mahasiswa UMM mampu mewujudkan target-target dan program yang mereka usulkan dengan baik. UMM menyerahkan semuanya kepada viewer atau tim penguji atas keikutsertaan tim PKM UMM.

“Melalui PKM ini para peserta bisa mengembangkan kretivitasnya dan memberikan yang terbaik. Kita sudah memberi latihan, pendampingan dan pengayaan. Selanjutnya, kami serahkan pada keputusan viewer,” tandas Sidik. (luc/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar