Pendidikan & Kesehatan

Perpustakaan Unej Terakreditrasi A

Jember (beritajatim.com) – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Jember di Kabupaten Jember, Jawa Timur, mendapat akreditasi A dari Perpustakaan Nasional RI. Prestasi serupa juga dicapai pada 2015.

Kepala UPT Perpustakaan Universitas Jember Ida Widiastuti mengatakan, nilai yang diperoleh adalah 96,4. “Ada enam komponen pokok dalam penilaian akreditasi sebuah perpustakaan, yakni koleksi, sarana dan prasana, pelayanan perpustakaan, tenaga perpustakaan, dan terakhir komponen penguat,” katanya sebagaimana dilansir Humas dan Protokoler Unej, Rabu (20/2/2019).

UPT Perpustakaan Universitas Jember mendapat apresiasi karena telah memanfaatkan berbagai sarana berbasis teknologi informasi, seperti scan robot. Alat ini untuk memfotokopi buku otomatis yang mampu meminimalkan kerusakan buku, serta mengubah hasil fotokopi ke dalam bentuk file tertentu. Saat ini hanya tiga perpustakaan di Indonesia yang punya.

Unej juga dipuji karena sudah menerapkan peminjaman dan pengembalian buku mandiri dengan alat berbasis Radio Frequency Identification (RFID). Dengan alat ini, maka pemustaka atau peminjam buku dapat meminjam dan mengembalikan buku tanpa harus dilayani oleh petugas. Lingkungan perpustakaan yang nyaman juga menjadi kelebihan Unej.

“Saat ini kami terus mensosialisasikan pemanfaatan e-journal dan e-book bagi para dosen dan mahasiswa dalam rangka mengompitimalkan e-resources yang kita punya,” kata Ida. [wir/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar