Pendidikan & Kesehatan

Perluas Jaringan, ITS Kerja Sama dengan SSCT Filipina

Surabaya (beritajatim.com) – Kerja sama merupakan salah satu program yang rutin dilakukan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) untuk meluaskan jaringannya dalam mengembangkan diri. Salah satunya, ITS merangkul Surigao State College of Technology (SSCT) Filipina yang ditandai melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) di Rektorat ITS.

Rektor ITS Prof Ir Mochamad Ashari MEng mengatakan, kerja sama ini merupakan hasil dari kegiatan yang telah dirintis tahun lalu. Saat itu, salah satu delegasi SSCT mengikuti program CommTECH yang digelar oleh Direktorat Hubungan Internasional atau International Office (IO) ITS. Dalam kegiatan tersebut, delegasi SSCT diajak berkunjung melihat tanaman bakau di Surabaya. “Sehingga akhirnya mereka tertarik dan tahun ini, Rektor SSCT memutuskan ke ITS untuk menyepakati kerja sama ini,” tutur guru besar Teknik Elektro ITS ini.

Lelaki yang kerap disapa Ashari ini menyampaikan beberapa kerja sama yang akan dilakukan. Di antaranya ialah pertukaran staf, pelatihan dosen SSCT untuk memberikan wawasan baru, program CommTECH yang terus berlanjut, dan semacamnya. “Bahkan tidak menutup kemungkinan untuk nantinya ada pertukaran mahasiswa,” ujar mantan rector Telkom University ini sembari tersenyum.

Pada pertemuan ini, delegasi SSCT yang tiba bersama rektornya, Dr Gregorio Jr Gamboa mengutarakan tertarik pada bidang Biologi ITS. Sehingga dalam pertemuan ini turut hadir perwakilan dari Dekan Fakultas Sains, Sekretaris Departemen Biologi, dan IO dari Departemen Biologi. Menurut Ashari, SSCT juga ingin belajar mengembangkan bakau seperti yang ada di Surabaya. “Karena wilayah kampus mereka berada di daerah kepulauan yang perlu manfaat tanaman bakau,” ungkap mantan Kepala Departemen Teknik Elektro ITS ini.

Baca Juga:

    Ashari menambahkan, MoU ini merupakan kerja sama luar negeri pertama yang dilakukan oleh SSCT. Sehingga Ashari yakin, ini langkah bagus bagi ITS untuk mengembangkan kerja samanya. Ashari juga menyampaikan kemungkinan ITS untuk memberikan beasiswa Kemitraan Negara Berkembang (KNB) kepada mahasiswa SSCT nantinya.

    Oleh karena itulah, Ashari menyampaikan, ke depannya kerja sama ini diharapkan akan berlanjut dengan baik. “Sebab perguruan tinggi di lingkup ASEAN saja masih banyak yang harus ITS rangkul nantinya,” pungkasnya mantap. [adg/but]

    Apa Reaksi Anda?

    Komentar