Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Peringati Hari Kesehatan Nasional, Kota Batu Adakan Expo dan Rakerkesda

Wali Kota Batu saat menghadiri Health Expo 3 Kota Batu

Batu (beritajatim.com) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batu menggelar Health Expo 3 dan Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda). Kedua kegiatan tersebut dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 58.

Acara expo bergulir selama dua hari yaitu 25 dan 26 November 2022 bertempat di Halaman Balaikota Among Tani. Sementara Rakerkesda berlangsung pada 24 November 2022 di Hotel Jambuluwuk Kota Batu.

Wali Kota Batu, Drs Hj Dewanti Rumpoko menjelaskan, tema HKN tahun 2022 adalah Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku. Dari tema itu tergambar semangat kembali sehat dan tumbuh untuk beraktivitas dan produktif.


Rakerkesda, kata Dewanti, bertujuan untuk memberikan edukasi dan informasi pada masyarakat sehingga bisa hidup lebih sehat.

“Saya menghimbau agar masyarakat tetap menjaga prokes, menerima vaksin booster dan makan sehat, istirahat yang cukup,” paparnya pada Jumat (25/10/2022).

Dari tahun 2018, kata Dewanti, angka stunting hampir 28%. Sementara di 2021 sudah 15%, namun saat ini penurunannya masih sangat pelan.

“Saya berharap angka stunting bisa turun hingga di bawah 10%, untuk itu butuh kerjasama dari semua pihak termasuk ibu dari anak-anak di Kota Batu,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu, drg. Kartika mengatakan jika health expo , merupakan momentum untuk evaluasi sekaligus mensyukuri dedikasi seluruh tenaga Kesehatan.

Kartika juga menjelaskan soal langkah-langkah dalam mencapai sasaran strategis kesehatan yaitu penurunan balita stunting, peningkatan mutu dan akses pelayanan kesehatan, peningkatan cakupan imunisasi balita, hingga penerapan program inovasi tourism health service.

Salah satunya yang telah dilakukan Dinas Kesehatan adalah melakukan MoU dengan Kemenag Kota Batu dalam pembinaan calon pengantin dan edukasi kesehatan reproduksi dan gizi untuk mengatasi kematian ibu dan bayi serta mencegah stunting.

“Beberapa inovasi yang sudah dilakukan juga termasuk Pos Gizi Penanganan Stunting (POZTING). Inovasi lain yang bakal diluncurkan adalah Traveler Health Services Kota Batu (TAHES Batu) untuk wisatawan di Kota Batu,” jelasnya. (dan/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar