Pendidikan & Kesehatan

Perihal Vaksinasi, Wagub Jatim Apresiasi Forkopimda Gresik

Gresik (beritajatim.com) – Wagub Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menyatakan Kabupaten Gresik salah satu dari tiga kabupaten/kota di Jatim yang menjalankan vaksinasi. Dua daerah lain adalah Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo.

“Mudah mudahan berjalan lancar, tadi saya melihat screening dilakukan secara seksama dan secara cermat kepada Forkopimda yang menjadi orang pertama di Gresik yang divaksin sinovac,” ujarnya di ruang VIP RSUD Ibnu Sina Gresik, Jumat (15/01/2021).

Berdasarkan laporan kata Emil Dardak, Gresik mendapat jatah vaksin sinovac 7.800 vaksin yang diprioritaskan untuk tenaga kesehatan (nakes). Tahap awal alokasi vaksin yang aka didistribusikan 5.920. Sementara yang baru dikirim 3.000 vaksin.

“Di Jawa Timur kita masih menunggu pengiriman tahap kedua sebanyak 120.000 vaksin dari Kemenkes,” ungkapnya.

Emil Dardak menambahkan, apa yang dilakukan Forkopimda atau tokoh-tokoh Kabupaten Gresik adalah wujud ketelandanan bagi masyarakat. Pasalnya, vaksin ini tidak berbahaya karena sudah teruji secara medis dan sudah dinyatakan halal oleh MUI.

“Memang ada beberapa tokoh yang tidak divaksin karena memang ada kriterianya. Tapi, kalau sudah memenuhi kriteria atau persyaratan ya divaksin. Sebab, vaksin sinovac ini dinyatakan aman oleh BPOM dan halal oleh MUI melalui proses-proses yang memenuhi kaidah ilmu medis dan dipantau oleh organisasi kesehatan dunia atau WHO,” imbuhnya.

Tahap awal lanjut dia, tentunya nakes dulu. Tapi, kalau sudah ‘witing tresno jalaran soko kulino’. Lama-kelamaan juga jadi sayang juga dengan vaksin ini, kalau sudah kenal, ngelihat dan mengerti Insya Allah masyarakat juga akan semakin marem semakin percaya.

Sementara Wabup Gresik, M.Qosim menyatakan ada 10 orang pertama yang divaksinasi. Mulai dari pimpinan TNI, Polri kemudian nakes, kepala dinas serta tokoh agama.

“Setelah ini pelaksanaan berikutnya Senin 18 Januari 2021 secara ceremonial yang diikuti sejumlah nakes serta petugas TNI dan Polri,” pungkasnya. [dny/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar