Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Percepat Herd Imunity di Madura, IKA Unair Gelar Vaksinasi di Kampung Pelaut

Surabaya (beritajatim.com) – Vaksinasi IKA Unair jelajah kampung dan pesisir masih berlanjut. Kali ini, kegiatan tersebut digelar di Desa Sepulu, Kecamatan Sepulu, Kabupaten Bangkalan. Sasarannya 500 warga kampung pelaut di sekitar lokasi vaksinasi.

Sebelumnya, IKA Unair juga menggelar kegiatan yang sama di Desa Krikilan, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik. Event tersebut didukung TNI, Polri, serta tokoh masyarakat setempat. “Kami bersyukur antusiasme masyarakat sangat besar terhadap kegiatan ini,” kata ketua pelaksana vaksinasi IKA Unair, Nur Sidiq.

Vaksinasi dilaksanakan dengan protokol kesehatan. Di Desa Sepulu, Bangkalan, warga hadir secara bertahap. Panitia sudah membagi waktu mereka. Dengan begitu, tidak ada kerumunan di lokasi vaksinasi.

Nur Sidiq mengatakan vaksinasi IKA Unair bertujuan membantu pemerintah Kabupaten Bangkalan dan pemerintah Provinsi Jatim dalam mewujudkan Herd Immunity. Hal ini tidak lepas dari dorongan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa sekaligus Ketua Umum IKA Unair. “Saat ini cakupan vaksinasi di Bangkalan di bawah 30 persen, karena itu kami turun untuk membantu,” ucap alumni Fakultas Ilmu Budaya Unair itu

Desa Sepulu merupakan salah satu desa di Bangkalan yang warganya banyak berprofesi sebagi pelaut atau pelayaran. Mereka sangat membutuhkan. Kegiatan tersebut dihadiri Komandan Kodim Bangkalan, Camat Sepulu, Komandan Koramil Sepulu, Kapolsek Sepulu, dan Kepala Desa Sepulu.

Nur Sidiq juga menambahkan kegiatan ini melibatkan tenaga kesehatan (nakes) dari Puskesmas Sepulu, Puskesmas Tanjung Bumi, Poltekes Bangkalan dan fakultas kedokteran Universitas Airlangga. “Kami kolaborasi melayani masyarakat dalam mendapatkan vaksinasi,” imbuh dia. [tok/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar