Pendidikan & Kesehatan

Perantau Pulang Kampung, Jumlah ODR dan ODP Terus Bertambah di Sumenep

Sumenep (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep merilis data terbaru warga setempat yang masuk klasifikasi Orang Dengan Risiko (ODR) dan Orang Dalam Pemantauan (ODP).

“Per hari ini, jumlah ODR di Sumenep sebanyak 1.485 dan ODP sebanyak 20 orang. Untuk PDP dan terkonfirmasi positif tidak ada. Semoga tetap tidak ada pasien yang positif Covid-19 di Sumenep,” kata Sekretaris Daerah Sumenep, Edy Rasiyadi, Kamis (26/03/2020).

Sedangkan peta sebaran ODP di Kabupaten Sumenep ada di 7 kecamatan. Terbanyak di Kecamatan Kota 7 ODP, kemudian Batuputih 5 ODP, Batang-batang 3, Kalianget 2, dan Kecamatan Bluto serta Pasongsongan masing-masing 1 ODP.

Ketika disinggung kecenderungan terus naiknya angka ODR dan ODP di Sumenep, Edy Rasiyadi menjelaskan, hal itu dipicu banyaknya warga Sumenep yang selama ini merantau ke luar kota, pulang kampung.

“Jadi ketika para perantau ini pulang kampung, terutama dari zona merah Covid-19 seperti Jakarta, Surabaya, Malang, maka jumlah ODR pasti bertambah. Tapi kondisi mereka langsung dipantau tim medis sejak mereka tiba di Sumenep,” paparnya. [tem/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar