Pendidikan & Kesehatan

Peralatan Lengkap, Unair Bisa Deteksi Virus Corona Lebih Cepat

Rektor Unair Prof Muh Nasih

Surabaya (beritajatim.com) – Institut Tropical Disease (ITD) atau Lembaga Penyakit Tropis (LPT) Universitas Airlangga (Unair) mendapat mandat sebagai salah satu rujukan penanganan virus corona Covid 19 oleh pemerintah RI.

Terkait hal itu, Rektor Unair, Profesor Muhammad Nasih mengatakan bahwa Unair siap dan akan bekerjasama untuk mengatasi virus corana yang telah mewabah ini.

“ITD Unair bekerja sama dengan Kobe University berhasil mendapatkan reagen untuk memeriksa dan mendeteksi Virus Corona. Reagennya yaitu premier spesifik yang bisa digunakan untuk mengidentifikasi seseorang yang suspect atau confirm Virus Corona. Atas mandat yang diberikan oleh Kemenkes ini, RSUA bersama ITD Unair akan berkolaborasi untuk mengidentifikasi keberadaan Virus Corona,” ujar Prof Nasih.

Identifikasi yang dilakukan RSUA dan ITD memerlukan waktu yang tidak cukup lama. Di lingkup internal, kemampuan Unair dalam mendeteksi Virus Corona tidak terlepas dari kerja sama berbagai pihak seperti RSUA, RSUD dr. Soetomo, ITD, dan para pakar dan ahli yang dimiliki Unair.

Selain reagen, Unair juga memiliki alatnya berupa alat pengurai protein PCR dan BSL3, yang sesuai standart WHO dan seperti yang dimiliki oleh Balitbangkes. “Reagen ini sudah bisa dibeli secara umum dan harganya murah, tetapi yang membedakan itu karena hanya ada 3 yang punya alatnya di Indonesia ini, salah satunya Unair,” terangnya.

Unair akan membuka peluang kerja sama seluas-luasnya jika ada universitas atau rumah sakit yang memiliki pasien yang masih dalam status suspect atau confirm untuk bisa dibawa ke Unair melalui proses identifikasi atau deteksi Virus Corona.

Dengan dibukanya ITD sebagai pusat Rujukan Penelitian Virus Corona Covid 19, tes laboratorium penentuan terjangkit tidaknya Covid 19 bisa memangkas waktu, menjadi lebih cepat. Tes laboratorium ITD dalam keadaan normal memakan waktu 2-3 hari, dan masih bisa dipercepat menjadi 5 jam. [adg/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar