Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Penyuluh Agama Islam dan KUA Paciran Lamongan Bagikan Masker

Penyuluh Agama Islam dan Pegawai KUA saat membagikan masker dan vitamin bagi masyarakat pengendara di Paciran, Senin (19/7/2021)

Lamongan (beritajatim.com) – Melaksanakan Munajat Hari Arafah 1442 Hijriah, Penyuluh Agama Islam dan Pegawai Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Paciran kabupaten Lamongan bekerjasama dengan Muspika Paciran menggelar beberapa rangkaian kegiatan demi mengetuk pintu langit dengan harapan wabah Covid-19 di Indonesia, khususnya di Kabupaten Lamongan bisa segera mereda dan sirna.

Dalam kesempatan tersebut, Koordinator Penyuluh Kecamatan Paciran, H. Abdulloh Adib Haad menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan wujud kepedulian dari penyuluh agama Islam dan pegawai KUA terhadap belum melandainya pandemi Covid-19 yang terjadi.

Menurutnya, eskalasi situasi pandemi telah memunculkan dampak yang berkorelasi langsung dengan tatanan kehidupan masyarakat.

“Pandemi Covid-19 sangat berdampak terhadap sosial ekonomi. Untuk itu kami terus berupaya, baik secara spiritual yakni dengan doa munajat dan meminta pertolongan kepada Allah Swt agar pandemi ini segera berakhir, maupun melalui upaya materiil dengan menumbuhkan kesadaran untuk menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan sesuai yang telah dianjurkan,” tutur pria yang akrab disapa Gus Adib tersebut, Senin (19/7/2021).

Lebih lanjut, Gus Adib menjelaskan, bahwa Penyuluh Agama Islam bersama Pegawai KUA setempat juga melaksanakan Takhtimul Quran di musholla KUA yang berlangsung mulai pukul 06.00 Wib sampai 12.00 Wib.

Penyuluh Agama Islam dan Pegawai KUA saat membagikan masker dan vitamin bagi masyarakat pengendara di Paciran, Senin (19/7/2021)

Tak hanya itu, imbuh Gus Adib, pihaknya bersama Satgas Covid atau Muspika Paciran pada hari ini juga melaksanakan giat pembagian masker dan sejuta vitamin kepada masyarakat pengguna jalan yang melintas di Jalan Raya depan halaman KUA Paciran.

“Kami bersama-sama melakukan pembagian masker sembari mengingatkan kepada masyarakat akan pentingnya memakai masker agar tidak terpapar virus Covid-19. Serta membagikan multi vitamin untuk membantu kesehatan dan meningkatkan imun tubuh masyarakat,” terang Gus Adib yang juga Pengasug PP Putri Fathimiyah tersebut.

Selain itu, Gus Adib juga mengharapkan bahwa pandemi ini bisa segera berakhir sehingga warga bisa beraktifitas seperti biasanya dan kondisi perekonomian masyarakat bangkit kembali. “Jika angka kasus Covid-19 sudah landai kembali, maka ketenangan dalam bekerja dapat kembali diperoleh dan produktivitas pun semakin meningkat. Mudah-mudahan upaya dan ikhtiyar kita ini bermanfaat,” sambungnya.

Penyuluh Agama Islam dan Pegawai KUA saat membagikan masker dan vitamin bagi masyarakat pengendara di Paciran, Senin (19/7/2021)

Terakhir, bersama Camat, Kapolsek, dan Danramil 0812/17 Paciran, Gus Adib juga berpesan kepada masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan dengan menerapkan 5 M, yakni menggunakan masker, rajin mencuci tangan dengan sabun pada air yang mengalir, selalu menjaga jarak, dan menghindari kerumunan serta membatasi mobilisasi dan Interaksi masyarakat.

Dari informasi yang didapat, Munajat Hari Arafah 1442 H ini juga dilanjut dengan Khotmil Quran, doa bersama dan pembacaan Ratibul Haddad melalui video conference pada pukul 15.30 Wib. Turut hadir dalam kegiatan ini Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, Kepala Kemenag Lamongan, seluruh penyuluh agama Islam, Kepala KUA  H. Achmad Suyitno bersama pegawai KUA lainnya dan pengawas madrasah.

Tak terkecuali, akan turut hadir dalam kesempatan tersebut, KH Salim Azhar selaku Ketua MUI Kecamatan Paciran yang juga Rois Syuriah PCNU Lamongan, beliau akan memimpin doa dalam Khotmil Quran ini secara langsung dari kediamannya, PP Roudlotut Thullab Desa Sendangduwur Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan.[riq/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar