Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Penyitas Covid-19 Polres Gresik Jadi Pendonor Plasma Konvalesen

Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto Meninjau Anggota yang Mendonorkan Plasma Konvalesen di PMI

Gresik (beritajatim.com) – Puluhan anggota Polres Gresik yang masuk kategori penyitas Covid-19, mendonorkan plasma konvalesen guna membantu pasien terpapar positif yang masih menjalani perawatan medis.

Dari 37 anggota yang menjadi penyitas Covid-19, hanya 17 orang yang layak setelah menjalani screening medis secara ketat di Kantor PMI Cabang Gresik, Senin (8/02/2021).

Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto menuturkan, terkait dengan ini dirinya sudah menghimbau kepada anggota yang pernah terpapar Covid-19 mendonorkan plasma konvalesen kepada pasien yang membutuhkan.

“Mari menjadi pahlawan Covid-19 dengan mendonorkan plasma konvalesen. Jangan merasa penyakit ini merupakan aib. Untuk itu, kami terus mengedukasi kepada masyarakat donor seperti ini sangat dibutuhkan,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala PMI Cabang Gresik, M.Najib mengatakan, saat ini sudah ada 500 bag dari pendonor plasma konvalesen. Jumlah tersebut akan terus bertambah karena sudah ada 300 orang penyitas Covid-19 yang masuk daftar tunggu.

“Kami mempersilahkan penyitas covid Gresik yang mau mendonorkan plasma konvalesennya. Tapi wajib melalui screening medis dulu. Pasalnya, pendonor ini berbeda dengan pendonor biasa,” katanya.

Sementara itu, Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Cabang Gresik, dr Jufrita menyatakan dalam sehari ada 20 orang yang mendonorkan plasma konvalesen di tempatnya. Hal ini karena PMI telah mendapatkan hibah bantuan alat aprehesis plasma. Sehingga, pedonor tak perlu lagi keluar Gresik.

“Butuh satu jam lebih memproses plasma konvalesen. Mudah-mudahan dengan adanya alat ini pendonor plasma konvalesen terus bertambah. Sebab, hasil dari donor tersebut langsung didistribusikan ke pasien yang membutuhkan,” tandasnya. [dny/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar