Pendidikan & Kesehatan

Penyebaran Covid 19 di Bangkalan Menurun

Peta Sebaran Covid-19 Bangkalan

Bangkalan (beritajatim.com) – Kasus penyebaran Covid-19 di Kabupaten Bangkalan mulai menurun. Hal itu dibuktikan dengan berubahnya zona orange menjadi kuning. Meski demikian, banyak faktor yang harus dipenuhi agar berubah menjadi zona hijau.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, Sudiyo menuturkan salah satu faktor yang dapat mengubah menjadi zona aman atau hijau yakni pemeriksaan swab PCR maupun antigen.

“Namun pada kenyataannya, apakah masyarakat mau untuk melakukan swab rutin seminggu dua kali? Kita tidak bisa memaksakan,” ungkapnya, Selasa (13/4/2021).

Selain itu ia mengatakan, faktor lain yang dapat mempercepat perubahan zona merah menjadi hijau atau kuning yakni tingkat kesembuhan yang tinggi.

“Tracing dan pemeriksaan lainnya kita gencarkan, supaya ketika ada kasus bisa cepat disembuhkan untuk mencegah meningkatnya angka kematian,” ungkapnya.

Diketahui, sejak Senin (12/4/2021), Bangkalan kembali memasuki zona kuning. Saat ini juga terdapat 281 Posko Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang terbagi atas 273 desa dan 8 kelurahan.

“Sementara capaian zona hijau per 12 April 2021 terdapat 1892 RT/RW zona hijau dan 10 kawasan masuk zona Kuning,” tandasnya. [sar/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar