Pendidikan & Kesehatan

Pensiunan Guru Papua Wafat di Jember, Istri dan Iparnya Kena Corona

foto/ilustrasi

Jember (beritajatim.com) – Dua kasus Covid-19 kembali muncul di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Dengan demikian sudah ada 14 kasus terkonfirmasi di Jember.

“Dua kasus konfirmasi ini adalah klaster Papua. Keduanya orang tanpa gejala,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jember Gatot Triyanto, Sabtu (9/5/2020). Mereka memiliki keterkaitan dengan almarhum pensiunan guru yang tiba dari Papua yang dinyatakan terkonformasi Covid-19 setelah menjalani tes swab.

Kasus 13 ini adalah istri guru tersebut. Dia sempat menjalani tes cepat pada 15 April dengan hasil negatif. Namun 10 hari kemudian, saat tes cepat diulang, hasilnya positif. Tes swab pada 25 April 2020 makin memperkuat hasil tes rapid kedua. “Dia berstatus pasien dalam pengawasan karena dalam kondisi demam,” kata Gatot.

Sementara itu, kasus 14 adalah saudara istri guru tersebut. Hasil tes cepat pertama pada 17 April 2020 menunjukkan hasil negatif. Namun tes kedua pada 26 April menunjukkan hasil sebaliknya. Hasil tes swab mengonfirmasi bahwa ipar sang guru ini positif Covid-19.

Total kini ada empat kasus terkonfirmasi Covid-19 di Jember yang berasal dari klaster Papua. Sebelumnya, pensiunan guru tiba di Papua pada 23 Maret 2020. Tanggal 3 April, dia mengalami nyeri tenggorokan dan sesak napas. Hasil tes cepat pada 8 April menunjukkan hasil negatif. Namun kemudian dia meninggal, dan hasil tes swab menunjukkan jika terpapar Covid-19.

Kasus berikutnya adalah seorang tukang ojek yang baru pulang dari Papua pada 29 Maret 2020. Dia mengeluh lemas, sakit perut, dan sesak nafas pada 20 April 2020. Hasil tes swab mengonfirmasi kasus tersebut. [wir/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar