Pendidikan & Kesehatan

Penjual Klontong Positif Corona, Bupati Mundjidah Serukan Rapid Test di Pasar Tradisional

Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab

Jombang (beritajatim.com) – Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat untuk melakukan rapid test bagi pedagang di sejumlah pasar tradisional.

Menurut bupati, rapid test tersebut penting dilakukan guna meminimalisir penyebaran virus corona atau Covid-19. Sejumlah pasar yang akan disasar adalah Pasar Citra Niaga atau Pasar Legi, Pasar Pon, serta Pasar Tunggorono, Jombang.

“Pasar merupakan fasilitas umum yang rentan penularan. Dari interaksi di lokasi tersebut sangat tinggi. Untuk kapan waktunya, nanti Dinas Kesehatan yang menentukan,” ujar Mundjidah usai menyerahan BLT (Bantuan Langsung Tunai) Dana Desa (DD) di Desa Tugu Sumberejo, Kecamatan Peterongan, Rabu (13/5/2020).

Informasi yang dihimpun dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jombang menyebutkan, penularan virus tersebut memang sudah menjalar ke pasar. Hal itu terbukti dengan adanya satu pasien positif corona yang notabene penjual/pedagang klontong di Pasar Tunggorono.

Saat ini yang bersangkutan sedang menjalani isolasi di RSUD Jombang. Pasien tersebut dinyatakan positif pada Selasa (12/5/2020). Selain penjual lontong, ada penambahan dua pasien positif lainnya. Dengan begitu jumlah pasien positif di Jombang tembus 18 orang.

Sebanyak 18 pasien tersebut tersebar di 8 kecamatan dari 21 kecamatan yang ada di Kabupaten Jombang. Otomatis, 8 kecamatan tersebut menjadi kawasan zona merah. Tiga pasien positif Covid-19 terbaru meliputi; pertama seorang wanita inisial S (48), warga Kecamatan Jombang Kota.

Kedua, seorang wanita berinisial S (47), asal Kecamatan Ngusikan. S masuk dalam klaster Sampoerna. Yang bersangkutan bekerja di Surabaya, kemudian pulang ke Jombang. Hasil uji swab, S dinyatakan positif Covid-19.

“Pasien ketiga atau ke-18 adalah seorang pria berusia 64 tahun dari Kecamatan Jombang Kota. Pekerjaan staf yayasan di sebuah lembaga pendidikan. Status sebelumnya OTG (orang tanpa gejala),” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jombang Budi Winarno. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar