Pendidikan & Kesehatan

Pengusulan KH Achmad Siddiq Jadi Pahlawan Nasional Sudah Berjalan 3 Tahun

Jember (beritajatim.com) – Proses pengusulan KH Achmad Siddiq menjadi pahlawan nasional sudah berlangsung selama tiga tahun. Tim dari Universitas Jember gembira ada dukungan dari pemerintah daerah.

Akhmad Taufiq, penanggung jawab Tim Task Force Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Jember mengatakan, proses pengusulan sudah dilakukan sejak 2015. “Tahun 2018, tim LP3M mampu menyusun naskah akademik, dan pada 30 November 2018 kami mengajukan kepada bupati Jember,” katanya, usai bertemu dengan Bupati Faida di Pendapa Wahyawibawagraha, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Jumat (10/5/2019).

Taufiq tidak menduga komitmen positif Bupati Faida untuk mengawal proses itu. “Kiai Achmad Siddiq adalah tokoh nasional yang pada era 1980-an mampu mengharmonisasikan kembali hubungan Pancasila dengan agama, negara dan agama,” katanya.

“Kiai Achmad Siddiq menjadi pelopor yang menafsirkan Pancasila secara tepat, bahwa Pancasila bukan agama, melainkan ideologi bangsa yang mampu mengayomi bangsa Indonesia,” kata Taufiq.

Menurut Taufiq, ada tiga tahap proses pengusulan. Tahap pertama adalah pelaksanaan forum grup diskusi di Universitas Jember pada 28 November 2018. “Lalu kami mengusulkan secara resmi pada 30 November 2018, dan hari ini kami audiensi agar bersama-sama Pemkab Jember mengusulkan dan mengawal pengusulan ini,” katanya.

Usulan ini kemudian dimatangkan di Tim Penelitian Pengkajian Gelar Daerah yang menjadi kewenangan bupati. Bulan depan akan dilaksanakan seminar dan kemudian diusulkan lewat gubernur/ “Ada beberapa dokumen pendukung yang kami lengkapi, seperti gelar-gelar atau penghargaan Kiai Achmad Siddiq dari presiden yang ada di keluarga,” kata Taufiq. [wir/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar