Pendidikan & Kesehatan

Pengumuman PPDB Jalur Prestasi Keluar, Tak Lolos Dapat Ikut PPDB Zonasi

Kediri (beritajatim.com) – Beberapa hari setelah pendaftaran PPDB online jalur prestasi karakteristik ditutup, perasaan harap-harap cemas pasti dialami para orang tua dan calon peserta didik baru.

Namun, sekarang mereka dapat bernafas lega. Ini dikarenakan kemarin sore, Kamis (10/6) hasil seleksi PPDB online jalur prestasi karakteristik telah diumumkan. Dari 2213 pendaftar dan pagu total per SMPN masing-masing 330 siswa, terdapat 811 calon peserta didik baru yang diterima di 8 SMP Negeri di Kota Kediri.

Calon peserta didik baru yang berhasil diterima dapat melakukan daftar ulang mulai tanggal 10 hingga 12 Juni 2021. Pengumuman hasil seleksi dan cara daftar ulang dapat di lihat di website masing-masing sekolah.

Selain melalui PPDB jalur prestasi karakteristik, Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri, Siswanto menjelaskan bahwa calon peserta didik yang belum lolos dapat mengikuti PPDB zonasi. “Untuk yang belum diterima jangan panik, jangan khawatir. Karena masih ada PPDB zonasi yang akan diselenggarakan pada 21, 22, dan 23 Juni nanti,” jelasnya.

Lebih lanjut Siswanto menjelaskan bahwa seleksi PPDB zonasi dapat diikuti oleh calon peserta didik yang berasal dari Kota Kediri. “Penentu PPDB zonasi bukanlah zona tempat tinggal berdasarkan radius, melainkan dari bobot nilai,” terangnya.

Menurut Siswanto hal ini dikarenakan tidak meratanya penyebaran lokasi sekolah SMP negeri di Kota Kediri. “Penyebaran SMP paling banyak berada di Kecamatan Mojoroto dan Kecamatan Kota, sedangkan di Kecamatan Pesantren hanya ada 1 SMP. Kasian kalau penentunya menggunakan zonasi tempat tinggal,” jelasnya. [nm/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar