Pendidikan & Kesehatan

Pengguna Softlens Patut Waspadai Iritasi Mata

Gresik (beritajatim.com) – Pengguna softlens saat ini harus berhati-hati. Sebab, jika tidak bahaya iritasi mata bisa terjadi. Padahal, penggunaan softlens sudah menjadi tuntutan, dan kebutuhan kerja sehari-hari.

Menurut Afini Miss Internet Jatim 2017 menyatakan terkait dengan penggunaan softlens. Dirinya, rutin melakukan pemeriksaan untuk menghindari iritasi mata akibat seringnya menggunakan softlens.

“Penggunaan softlens di zaman sekarang sudah menjadi suatu hal yang lumrah, bahkan dijadikan sebagai gaya hidup. Tak hanya mereka yang mengalami gangguan penglihatan seperti, minus (miopi) hingga silinder (astigmatis), penggunaan softlens juga kerap digunakan oleh orang-orang dengan mata normal. Sayangnya, penggunaan softlens untuk pelengkap gaya hidup (lifestyle) ini bisa berakibat fatal bagi kesehatan mata bila tidak diimbangi dengan cara yang tepat,” ujarnya, Jumat (28/02/2020).

Di Gresik cukup banyak pasien dengan masalah iritasi mata. Berdasarkan data dari Klinik Mata Utama (KMU) Gresik menyebutkan, total penderita iritasi mata dari November 2019 hingga pertengahan Februari 2020 ini sudah mencapai 682 pasien.

“Penyebabnya beragam, bukan hanya karena penggunaan softlens saja,” papar tutur Direktur KMU sekaligus dokter spesialis mata Uyik Unari SpM.

Ia menambahkan, penderita iritasi mata ini memang didominasi oleh pasien dengan usia produktif yakni 25 hingga 38 tahun. Menurut Uyik, iritasi mata memang bisa diakibatkan oleh banyak hal, diantaranya: karena infeksi mata, efek penggunaan kosmetik, penggunaan softlens dalam jangka panjang dan banyak lagi.

“Sebenarnya penggunaan softlens jangka panjang, khususnya untuk kosmetik atau pemenuhan gaya hidup tidak dianjurkan. Namun, bila memang memerlukan penggunaan softlens, maka harus dijaga betul kebersihannya dan jangka waktu pemakaiannya,” ungkapnya.

Resiko iritasi mata juga bisa meningkat pada musim penghujan seperti sekarang. Sebab, ada beberapa faktor pendukung seperti minimnya sinar matahari, kelembapan yang tinggi, angina kencang yang membawa partikel kecil, air hujan yang berpotensi membawa polusi dan berbagai kotoran, hingga mata kering karena udara yang dingin. Sehingga, bagi pengguna softlens, baiknya lebih waspada dan meningkatkan kebersihan dalam menggunakannya.

“Ada beberapa tips menggunakan softlens yang baik, untuk mencegah terjadinya infeksi atau iritasi mata. Pertama, mencuci tangan. Kedua, menggunakan cairan pembersih softlens. Ketiga, melepas softlens saat tidur, keempat lepas softlens saat mata terasa kering dan perih. Kelima, perhatikan masa penggunaan softlens, dan keenam melakukan check up kesehatan mata selama 6 bulan sekali,” tandasnya. [dny/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar