Pendidikan & Kesehatan

Pengguna Jalan ‘Dihujani’ Cairan Disinfektan

Petugas dari Satlantas Polres Jombang menyemprotkan cairan disinfektan di perempatan stasiun, Selasa (24/3/2020). [Foto/Yusuf Wibisono]

Jombang (beritajatim.com) – Upaya pencegahan pendemi virus corona (Covid-19) terus dilakukan Polres Jombang. Selain melakukan sosialiasi, korps berseragam coklat juga menyemprotkan cairan disinfektan ke pengguna jalan, Selasa (24/3/2020).

Penyemprotan tersebut dilakukan di tiga titik. Pertama di perempatan Stasiun Jombang, kemudian di perempatan Kebonrojo Jl Wahid Hasyim, serta perempatan Sambong yang ada di Jl Brigjen Kretarto. Penyemprotan dilakukan secara bergiliran.

Lokasi yang pertama disasar adalah perempatan Stasiun Jombang. Di lokasi tersebut, para petugas dibagai menjadi beberapa kelompok. Dua orang petugas terlihat mondar-mandir di perempatan itu. Punggung petugas tersebut menggendong wadah berisi cairan disinfektan.

Ketika lampu TL (Trafic Light) menyala merah, petugas langsung menyemburkan cairan antikuman ke arah pengguna jalan. Semua kendaraan tak luput dari sasaran petugas. Baik roda dua maupun roda empat. Sedangkan sejumlah petugas lainnya terus memberikan imbauan lewat pengeras suara.

Petugas meminta agar warga yang tidak dalam kebutuhan mendesak lebih baik berdiam di rumah. Dari pengeras suara itu pula, imbauan dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa diperdengarkan. “Ini sesuai maklumat Kapolri. Lebih baik berdiam di rumah. Itu salah satu cara memutus rantai penyebaran virus corona,” ujar petugas melalui pengeras suara di atas kendaraan.

Kasat Lantas Polres Jombang AKP Risky Ferdian yang memimpin penyemprotan itu mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan di tiga titik. Selain melakukan penyemprotan, pihaknya juga menyosialisasikan maklumat Kapolri. Lembaran kertas berisi maklumat tersebut dibagi-bagikan kepada pengguna jalan.

“Sesuai dengan maklumat Kapolri, warga kita minta untuk tidak melakukan kerumunan. Mereka juga kita minta untuk berdiam di rumah. Karena cara tersebut bisa untuk memutus rantas penyebaran virus corona. Kegiatan serupa terus kita lakukan,” ujar Risky sembari menunjukkan maklumat Kapolri yang dimaksud. [suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar